Ruang Publik

Lima Ekor Anak Harimau Lahir di Kebun Binatang Bukittinggi

Lima ekor anak Harimau kembali lahir di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi.

Kepala Bidang TMSBK, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bukittinggi, Ikbal, Selasa 27 Desember 2016 mengatakan, lima ekor anak Harimau itu terdiri atas tiga ekor anak Harimau Sumatera dan dua ekor anak Harimau Dahan.

“Tiga ekor anak Harimau Sumatera berkelamin satu jantan dan dua betina ini, lahir dari pasangan induk jantan Bancah, dan induk betina Sean, serta ini merupakan kelahiran anak yang kedua kalinya dari pasangan Harimau Sumatera itu,” jelasnya.

Tiga ekor anak Harimau Sumatera itu sambung Ikbal, lahir pada 14 November 2016 lalu, saat ini dalam kondisi sehat, makanan dan vitamin nya sangat dijaga oleh petugas, dan untuk perkembangan nya akan dibiarkan sebagai mana mestinya atau tanpa campur tangan banyak orang.

Menurut  Ikbal, di TMSBK ini merupakan kelahiran yang ketiga kalinya, pertama dari induk jantan Bancah dan induk betina Dara Jingga pada 22 September tahun 2014 lalu melahirkan dua ekor anak harimau yang saat ini sudah tumbuh remaja.

“Berikut 14 Januari 2016, induk Jantan Bancah dan Induk Betina Sean juga melahirkan dua ekor anak yang saat ini sudah mati karena mengalami kelainan biologis, dan yang ketiga kalinya dari induk jantan Bancah dan induk betina Sean baru lahir kembali tiga ekor anak Harimau Sumatera,” tukasnya.

Ikbal menambahkan, kelahiran anak Harimau Sumatera di lembaga konservasi kebun binatang ini merupakan kejadian yang langka, namun kebun binatang Bukittinggi telah kita telah melakukan perubahan itu, mengingat biasanya perkembangbiakan Harimau Sumatera itu hanya terjadi di alam bebas.

“Dengan kelahiran tiga ekor anak Harimau ini, koleksi Harimau Sumatera di Kebun Binatang Bukittinggi menjadi delapan ekor,” ujarnya.

Sementara itu untuk Harimau Dahan, lahir dua ekor anak, umurnya baru satu minggu, dan jenis kelamin nya belum diketahui, karena anak itu masih belum berpisah dengan induknya, dan induk nya pun over protektif.

Ikbal berharap, dengan bertambahnya koleksi anak Harimau Sumatera dan Harimau Dahan ini, dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke TMSBK atau Kebun Binatang Bukittinggi.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top