Ruang Publik

Malam Tahun Baru, Pemko Bukittinggi Siapkan Pengamanan Ekstra

Kota Bukittinggi merupakan salah satu lokasi yang ramai dikunjungi saat malam pergantian tahun, pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya ribuan masyarakat biasanya berkumpul di objek wisata Jam Gadang, yang menjadi dari tarik juga bagi pengunjung dari berbagai daerah.

Walikota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias, Jum’at (23/12/2016) menjelaskan, mengantisipasi keramaian pengunjung pada malam pergantian tahun, yang bertepatan juga dengan libur sekolah, dan natal ini, Pemerintah Kota komit memberikan pelayanan, sehingga terciptanya keamanan dan kenyamanan pengunjung.

“Kita tidak bisa melarang masyarakat dan pengunjung menikmati malam pergantian tahun ini, sebagai kota wisata Bukittinggi memang menjadi magnet tersendiri di Sumatera Barat, apalagi saat akhir tahun ini, kunjungan wisatawan mengalami peningkatan dari hari biasa,” jelasnya, usai memimpin apel gelar pasukan Polres Bukittinggi.

Untuk menciptakan keamanan itu terang M. Ramlan Nurmatias, Pemerintah Kota juga menjalin kerjasama dengan Polres Bukittinggi dan Kodim 03/04 Agam, mengingat mobilisasi masyarakat yang tidak terbendung ini butuh pengawalan khusus dari pihak keamanan.

“Kepada masyarakat juga diminta untuk ikut menjaga ketentraman dan ketertiban umum, tidak melakukan tindakan anarkis pada pengunjung, karena keamanan kota ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” ulasnya.

Ramlan Nurmatias menambahkan, apabila ditemukan pelanggaran, masyarakat diminta segera melaporkan kejadian itu, sehingga dapat dilakukan antisipasi secara dini, apalagi saat ini banyak beredar isu-isu negatif yang dapat menimbulkan konflik, terutama masalah SARA yang sangat mungkin menimbulkan perpecahan.

“Bagi umat kristiasni yang akan merayakan natal, Pemerintah Kota juga komit menciptakan keamanan, demi terjaganya kerukunan antar umar beragama, karena penduduk Bukittinggi tidak hanya umat islam saja,” terangnya.

Diharapkan dengan intensifnya keamanan yang dijalankan Pemerintah Kota bersama pihak terkait ini, masyarakat dan pengunjung merasa aman dan nyaman saat menikmati liburan di Bukittinggi, sehingga tidak timbulnya kejadian yang tidak diinginkan.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top