Ruang Publik

Operasi Lilin 2016 Dimulai, Polres Bukittinggi Turunkan 310 Personil Ditambah Tim Gabungan

Untuk memberikan pelayanan dan keamanan kepada seluruh lapisan masyarakat pada momen libur sekolah, pengamanan natal dan tahun baru 2017, Polres Bukittinggi gelar operasi lilin yang dimulai hari ini 23 Desember 2016 hingga 2 Januari 2017.

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana mengatakan, operasi lilin ini bertujuan menciptakan suasana yang kondusif, serta untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Operari lilin kali ini tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian pihak Polres Bukittinggi tetap melakukan pengawasan pada lima titik pintu masuk ke Kota Bukittinggi ini,” ujarnya.

Menurut Arly Jembar Jumhana, pada operasi lilin kali ini, Polres Bukittinggi juga mendirikan tiga posko pengamanan, yang berlokasi di Jam Gadang, Padang Luar, dan Baso.

Sementara itu untuk pos pelayanan ditempatkan pada lima lokasi, yakni di Simpang Jambu Air, Simpang Tugu Polwan, Simpang Taman, Simpang Mandiangin, dan Simpang Tanjung Alam.

“Operasi lilin ini diturunkan 310 personil Polres Bukittinggi, ditambah personil tim gabungan dari Satbrimob Polda Sumbar 30 personil, Satuan Polisi Pamong Praja 49 personil, Dinas Kesehatan 10 personil, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) 10 personil, Kimpraswil 4 personil, Kodim 03/04 Agam 20 personil, Orari 10 personil, dan Pramuka 30 orang, dengan total keseluruhan 512 personil,” jelasnya.

Sedangkan untuk pelayan pengaman malam natal tambah Arly Jembar Jumhana, tim gabungan juga dilibatkan mengamankan Gereja yang ada di Kota Bukittinggi itu, yakni Gereja Petrus dan HKBP.

Arly Jembar Jumhana mengimbau kepada masyarakat yang akan berkunjung ke Kota Bukittinggi ini, sebelum berangkat, cek fisik kendaraan dan surat kendaraan yang dibutuhkan serta patuhi pentunjuk rambu-rambu lalulintas.

“Kepada pengguna jalan raya, terutama menjelang detik-detik malam pertukaran tahun, agar tidak melakukan aktifitas dijalan raya yang ektrim, seperti balap-balapan yang dapat menimbulkan kecelakaan dan korban jiwa. Apa lagi yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat,” tukasnya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top