Ruang Publik

Polres Bukittinggi Siap Jaga Stabilitas Keamanan Terkait Isu Aksi Sweeping

Jajaran Polres Bukittinggi siap menindaklanjuti instruksi Kapolri terkait adanya isu sweeping atau pembersihan paksa, yang dikhawatirkan meresahkan masyarakat.

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, Rabu (21/12/2016), mengajak masyarakat agar menjaga dan meningkatkan komunikasi dan koordinasi dalam upaya menciptakan ketertiban dan keamanan.

“Keamanan dan ketertiban itu yang ciptakan masyarakat sendiri. Bila ada yang dirasa tidak sesuai dengan aturan atau norma yang berlaku, jangan ambil tindakan sendiri. Silakan berkomunikasi dan koordinasi dengan pihak berwenang,” jelasnya.

Menurut Arly Jembar Jumhana, isu aksi sweeping atau pembersihan paksa yang dilakukan organisasi masyarakat (ormas) tertentu yang dapat berdampak pada ketidaknyamanan masyarakat terutama saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

“Tidak ada yang namanya sweeping, apabila kedapatan oleh petugas dilapangan akan ditindak tegas sesuai arahan Kapolri karena itu mengganggu kenyamanan masyarakat,” tukasnya.

Arly Jembar Jumhana menambahkan, tindakan yang menjurus pada gangguan keamanan tersebut hanya akan memberi dampak negatif bagi masyarakat setempat.

“Sebagai daerah tujuan wisata, saat adanya gangguan keamanan maka wisatawan enggan datang. Imbasnya kembali ke masyarakat. Jadi lebih baik komunikasi dan berkoordinasi dari pada bertindak sendiri bila memang ada yang dirasa tidak pada tempatnya,” ujarnya.

Arly Jembar Jumhana berharap, seluruh pemangku kepentingan di daerah itu bersama masyarakat berperan aktif menciptakan keamanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

Sementara Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi mengatakan, perayaan Natal dan Tahun Baru di daerah itu selama ini berjalan lancar.

“Hubungan masyarakat antarumat beragama di Bukittinggi berlangsung dengan baik. Kami berharap masyarakat terus menjaga keadaan ini agar keamanan dan kenyamanan tetap tercipta,” jelasnya.

Sebagai salah satu daerah tujuan wisata, Irwandi memperkirakan daerah itu akan tetap ramai oleh wisatawan saat libur akhir tahun sehingga pemerintah setempat siap berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk memberi pelayanan dan keamanan bagi masyarakat.

“Kami minta agar setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tidak hanya menunggu informasi dari pihak keamanan, namun harus aktif membuka komunikasi untuk sama-sama menjaga pelayanan bagi masyarakat,” ujarnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top