Ruang Publik

Peringati HJK ke 232, Pemko Bukittinggi Rencanakan Rekor MURI

Pemerintah Kota Bukittinggi, merencanakan mencatatkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia dalam rangkaian kegiatan peringatan ke 232 Hari Jadi Kota (HJK) yang jatuh pada 22 Desember 2016.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat Emil Anwar di Bukittinggi, Rabu (14/12/2016), mengatakan, kegiatan yang dimaksud dapat masuk rekor MURI yaitu Bukittinggi Berhijab yang diselenggarakan pada 24 Desember 2016.

“Acara ini untuk pertama kali digelar di Bukittinggi dengan tujuan selain sebagai perayaan HJK juga untuk mensyiarkan Islam karena masyarakat dan wisatawan yang datang diajak mengenakan pakaian sopan sesuai ketentuan agama dan budaya,” katanya.

Menurut Emil Anwar, kegiatan itu ditargetkan diikuti oleh 7.500 peserta di mana dengan jumlah tersebut dapat dicatatkan dalam rekor MURI.

“Kegiatan sejenis pernah dilakukan di daerah lain seperti Malang dan Bandung namun peserta kisaran 3.000 orang. Di Bukittinggi dengan peserta hingga 7.500 orang maka ini akan tercatat dalam MURI,” ujarnya.

Untuk memeriahkan acara itu pihaknya melibatkan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD), kader pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK), dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda), sejumlah organisasi masyarakat dan organisasi wanita di daerah itu.

“Kami juga mengajak para pelajar melalui undangan yang disampaikan ke setiap sekolah karena ini juga akan menjadi sarana belajar pula bagi para siswa,” ujarnya.

Emil Anwar menjelaskan, Bukittinggi Berhijab akan dilaksanakan di Lapangan Wirabraja dan akan dilanjutkan dengan aksi jalan santai dan peduli bersih di jalan-jalan strategis daerah tersebut serta acara seni bernuansa religi di pelataran objek wisata Jam Gadang.

Dihimbau pada masyarakat setempat agar turut memeriahkan rangkaian kegiatan memperingati HJK karena pihaknya juga akan megundang dua artis ibukota asal Sumbar yang bila sudah ditetapkan jadwalnya akan dijadikan sebagai duta seni Bukittinggi.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top