Ruang Publik

Pemko Bukittinggi Targetkan Kerjasama Pendidikan dengan Malaysia Berjalan Tepat Sasaran

Kerjasama bidang pendidikan dengan kelembagaan pendidikan di Malaysia yang dilakukan daerah-daerah di Sumatera Barat, khususnya Kota Bukittinggi hendaklah dirancang secara lebih baik. Kerjasama yang dilakukan jangan sekedar dalam bentuk lawatan singkat, melainkan berupa aktivitas pembelajaran yang bermanfaat bagi murid dan guru.

“Kerjasama ini akan sangat menguntungkan dan bernilai positif, karena pendidikan di Malaysia dinilai lebih maju dari pada pendidikan di Indonesia,” kata Wakil Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Malaysia, Tri Gustono Supriyanto.

Dijelaskan, indikator lebih majunya pendidikan negara serumpun itu antara lain pelajar Malaysia memiliki peringkat yang lebih baik di bidang sains dan matematika. Oleh karena itu dalam penguatan kerjasama dengan negara Malaysia termasuk Kota Bukittinggi, perlu diarahkan pada peningkatan dan perbaikan performa pendidikan Indonesia pada indokator-indikator yang masih lemah.

Salah satu caranya sambung Tri Gustono Supriyanto, melalui program mobilitas siswa dan guru, ataupun program sekolah kembar (sister school) sebagaimana telah dilakukan Pemko Bukittinggi dengan Negara Bagian Negeri Sembilan Darul Khusus, Trengganu dan Pahang.

Saat ini kata Tri Gustono Supriyanto, pihak Keduatan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kualalumpur, telah memfasilitasi kerjasama bidang pendidikan melalui program pengiriman siswa SMK mengikuti praktek kerja industri (Prakerin) di industri perhotelan dan makanan.

Seiring itu, pihaknya juga melakukan pemantauan dan evaluasi untuk terus diperbaiki pelaksanaannya.

“Kita juga lebih tekankan manfaat bagi siswa berupa peningkatan keterampilan dan pengalaman,” ujarnya.

Pertemuan yang dilakukan dalam rangka rangkaian kunjungannya selama dua hari di Bukittingi yang juga merupakan kunjungan balasan sekaligus undangan Walikota Ramlan Nurmatias yang melakukan lawatan ke negara jiran beberapa bulan lalu.

“Intinya, kita berkeinginan sekali untuk mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki Kota Bukittinggi dalam skala internasional di negara Malaysia,” kata Wakil Walikota Irwandi saat menerima rombongan.

Irwandi mencontohkan dibidang pendidikan, dimana sudah beberapa tahun terakhir siswa SMK melakukan prakerin di Malaysia. Demikian pula pertukaran pelajar melalui kota kembar Bukittinggi-Seremban yang telah dilaksanakan sejak 30 tahun lampau, bahkan juga telah dikembangkan ke Negara Bagian Trengganu dan Pahang.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top