Ruang Publik

Tingginya Curah Hujan, BPBD Bukittinggi Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Menyikapi cuaca ekstrem dengan curah hujan yang tidak menentu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi menghimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

Pasalnya, cuaca extrim yang terjadi hingga saat saat ini, bisa saja berpotensi menimbulkan terhadap segala kemungkinan bencana yang akan terjadi, terutama bencana banjir, longsor, angin badai, erosi tebing/sungai dan pohon tumbang.

Kepala BPBD Bukittinggi, Martias Bayu mengatakan, saat ini kita belum menerima laporan adanya bencana lonsor dan banjir yang mangancam masyarakat terkaid dengan cuaca ekstrim yang terjadi di Bukittinggi. Namun demikian, yang masih perlu diwaspadai masyarakat adalah adanya pohon tumbang.

“Pohon tumbang kerap terjadi disaat cuaca ekstrim disamping bencana banjir. Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk waspada terhadap pohon tumbang tersebut dengan menghindari pohon pohon yang rawan tumbang di sejumlah lokasi,” jelasnya.

Disamping itu sambung Martius Bayu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat yang melewati kawasan Jalan Sudirman, Ngarai Sianok dan Jalan Veteran untuk selalu waspada dan hati-hati. Pasalnya, kawasan tersebut terdapat berbagai pohon pelindung yang sewaktu-waktu bisa saja patah atau tumbang diterjang angin.

“Untuk mengantisipasi terhadap segala kemungkinan bencana yang akan terjadi, kita telah mensiagakan sejumlah personel dilapangan. Disamping itu kita juga terus memonotoring dan mewaspadai potensi terjadinya pohon tumbang  di berbagai ruas jalan yang ada, meski sejauh ini belum ada laporan terkaid dengan pohon tumbang tersebut,” tukasnya.

Menyikapi cuaca ekstrim yang tidak menentu ini ujar Martius Bayu, maka Pemko Bukittinggi telah membuat imbauan tentang kesiapsiagaan bahaya cuaca extrim. Imbauan itu berupa meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bencana, menjaga kebersihan lingkungan, aliran sungai dan drainase.

Kemudian meningkatkan fungsi tenaga relawan bencana dan Ketahanan Bencana Lingkungan Kelurahan (KBLK) di masing masing kelurahan. Apabila sedang berada diluar rumah atau bepergian dan melihat/mengetahui kejadian bencana  disekitar kota, diminta untuk memberitahukan atau menghubungi BPBD Bukittinggi dengan nomor telepon 2752 31113.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top