Ruang Publik

Datangi Bukittinggi, KBRI Malaysia Bahas Upaya Promosi Pariwisata

Guna membahas kerja sama upaya promosi pariwisata, produk unggulan usaha kecil menengah (UKM) dan sumber daya manusia, kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Malaysia, kunjungi Balaikota Bukittinggi.

Penata Fungsi Sosial dan Budaya KBRI Kuala Lumpur, Trigustono Supriyanto, menurturkan, kunjungan dilakukan sejak 5 hingga 7 Desember 2016, dengan target setelah itu KBRI dapat membantu promosi pariwisata daerah itu di Malaysia.

“Keberadaan kota Bukittinggi sudah sangat dikenal di Malaysia karena ada banyak orang Minang di sana yang didorong dapat membantu mempromosikan wisata Sumatera Barat, khususnya Kota Bukittinggi,” ujarnya.

Menurut Trigustono Supriyanto, Malaysia saat ini tengah mengembangkan tujuan wisata halal karena cukup diminati wisatawan asing terutama dari wilayah Timur Tengah.

“Hal yang sama sekiranya juga dapat fokus dikembangkan di Bukittinggi apalagi nuansa Islam sangat terasa di daerah ini. Bagi masyarakat setempat kami harap dapat menyambut dengan ramah agar wisatawan itu dapat berkunjung kembali,” terangnya.

Di samping promosi pariwisata sambung Trigustono Supriyanto, kerja sama juga terbuka untuk bidang lainnya seperti potensi ekonomi di Bukittinggi melalui UKM, bidang pendidikan melalui pertukaran pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) dan bidang sumber daya manusia (SDM).

Turut serta dalam kunjungan itu Atase Pendidikan, Atase Perdagangan, Atase Ketenagakerjaan, Dewan Perniagaan Melayu Malaysia dan Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Sementara Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi menyampaikan kunjungan tersebut merupakan kunjungan balasan dari yang dilakukan pemerintah setempat ke Malaysia beberapa waktu lalu.

“Selain untuk silatuhmi, kunjungan ini juga memberi arti penting bagi Bukittinggi karena melalui kesempatan ini dapat membahas potensi kerja sama sesuai dengan masalah yang dihadapi di bidang terkait seperti ketenagakerjaan, pendidikan, perdagangan dan pariwisata,” ujarnya.

Terkhusus di bidang pariwisata, ia mengatakan pemerintah setempat mengharapkan dukungan promosi dari KBRI Kuala Lumpur salah satunya dalam bentuk menyambungkan paket wisata agen perjalanan di Malaysia dengan kunjungan ke Bukittinggi.

“Sekiranya KBRI dapat menyediakan satu tempat khusus sebagai pusat informasi pariwisata Bukittinggi bagi calon wisatawan Malaysia yang ingin berkunjung,” tukasnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top