Ruang Publik

Pemko Bukittinggi Optimalkan Peran Satgas Pungli

Untuk memberantas kasus pungutan liar yang belakangan ini cukup marak terjadi, apalagi yang mengatasnamakan oknum dari pemerintahan. Pemerintah Kota Bukittinggi komit melakukan pemberantasan, sehingga tidak menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat.

Wali Kota Bukittinggi, M. Ramlan Nurmatias, Senin (5/12/2016), mengatakan, kasus pungutan liar ini patut diwaspadai, terutama bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), karena apabila kedapatan mereka yang kedapatan akan diproses sesuai peraturan yang berlaku.

“Pemberantasan pungutan liar itu bukan hal baru di Sumatera Barat, khususnya di Bukittinggi. Sejak awal Pemerintah Kota Bukittinggi sudah jelas-jelas melarang jajaran pemerintahan di Bukittinggi untuk melakukan praktek yang merugikan masyarakat itu,” tukasnya, usai acara Sertijab Kepala Sekolah di Auditorium Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

Ramlan Nurmatias mengeluarkan himbauan kepada seluruh ASN untuk mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi di Bukittinggi.

“Pemko Bukittinggi mengingatkan agar jangan melakukan pungutan diluar aturan. Kalau ragu silakan bertanya, perlu atau tidaknya hal tersebut dilakukan,” ujar Wali Kota.

Ramlan Nurmatias menambahkan, sejauh ini Pemko Bukittinggi belum mendapatkan laporan terkait adanya pungutan liar di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun sekolah. Meski demikian untuk ke depan hal tersebut perlu diantisipasi agar tidak terjadi.

“Kita akan bentuk Satgas Pungli, dimana itu ketuanya langsung oleh Wakapolres Bukittinggi. Dalam waktu dekat akan diundang kepala SKPD, guru dan kepala sekolah untuk membicarakan aturan tentang pungutan yang resmi, karena hal ini harus segera diantisipasi agar jangan ada pungutan liar,” ujarnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top