Ruang Publik

Pohon Tumbang di Jambak Agam, Akibatkan Putusnya Jalur Utama Sianok-Bukittinggi

Angin kencang dan hujan deras yang melanda sebagian besar wilayah di Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi, Senin (5/12/2016) dini hari, mengakibatkan satu pohon besar di Jorong Jambak, Nagari Sianok Anam Suku, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam.

Informasi yang dihimpun dilapangan, pohon tumbang yang membelintang jalan itu memutuskan ruas jalan utama jalur Sianok-Bukittinggi yang terkenal padat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito mengatakan, mendapat informasi itu dari warga, pihaknya langsung menurunkan personil ke lapangan, dan membersihkan ruas jalan yang terputus akibat pohon tumbang itu.

“Apabila ini tidak langsung dibersihkan, arus lalu lintas akan macet, dan terjadi penumpukan kendaraan, mengingat kawasan ini merupakan jalur alternatif yang banyak dilalui kendaraan,” jelasnya.

Upaya pembersihan pohon tumbang berdiameter 1,2 meter ini sambung Bambang Warsito, awalnya cukup sulit dilakukan tim BPBD Agam, walau sudah mengerahkan alat pemotong chinshaw dan menariknya dengan mobil pemadam kebakaran. Namun upaya pembersihan terus dilakukan sehingga pada pukul 14.00 WIB siang tadi ruas jalan sudah kembali normal seperti biasa.

Sementara menyikapi perubahan cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai angin kencang tersebut tukas Bambang Warsito, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh personilnya untuk siaga. Setiap laporan yang masuk dari masyarakat terkait bencana akan langsung ditindaklanjuti anggota dilapangan.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top