Ruang Publik

Kasus Laka Lantas Sepanjang Januari hingga Oktober 2016 di Sumbar Tercatat 2.417

Pelanggaran lalu lintas menjadi penyebab besar terjadinya kecelakaan di jalan raya. Sedikitnya dua nyawa melayang setiap harinya dijalan raya akibat kecelakaan yang terjadi diwilayah Sumatera Barat.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias saat membacakan pidato sambutan Kapolda Sumbar saat Apel Besar Mitra Lalu Lintas Tahun 2016 Rayon II di halaman Balaikota Bukittinggi, Senin (28/11/2016) sore.

Dalam sambutan Kapolda Sumbar Brigjen Pol Basarudin yang dibacakan Wali Kota Ramlan tersebut diketahui, kurun waktu Januari hingga Oktober 2016 lalu, sedikitnya telah terjadi 2.417 kasus kecelakaan. Dari data tersebut 480 nyawa melayang.

Untuk trend kecelakaan setiap bulannya terjadi sebanyak 241 kasus kecelakaan, artinya, untuk setiap hari kecelakaan terjadi diwilayah Hukum Polda Sumbar sebanyak 80 kecelakaan setiap harinya dengan korban jiwa mencapai 48 orang.

Guna mengantisipasi hal tersebut, diperlukan kerjasama samua pihak dalam upaya menekan angka kecelakaan yang berdampak fatalitas korban jiwa serta kerugian materil.

Saat ini Polri pun tengah melaksanankan Operasi Zebra tahun 2016 secara terpusat selama 14 hari, yang bertujuan untuk meminimalisir jumlah total dan fatal kecelakaan lalu lintas.

Untuk menekan angka kecelakaan tersebut, berbagai elemen diminta menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas, termasuk komunitas biker.

Wadirlantas Polda Sumbar AKBP Faizal Rifai didampingi Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP Aris Cai Dwi Susanto mengungkapkan Apel Besar kali ini ditujukan kepada mitra lalu lintas seperti para biker dan pelajar yang ada di wilayah Rayon II, seperti wilayah hukum Polres Bukittinggi, Polres Pasaman Barat dan Pasaman Timur, Polres Padang Panjang, Payakumbuh, dan Lima Puluh Kota.

“Jadi kegiatan ini menjadi perhatian khusus bagi kita semua. Dimana para biker ini nantinya diharapkan bisa menjadi pelopor bagi biker lainnya dengan cara memberikan sosialisasi kepada biker lainnya diwilayah masing-masing,” ujarnya.

Dalam Apel Besar yang dihadiri enam Kapolres yang berada diwilayah rayon II serta komunitas biker tersebut, juga dilakukan penandatanganan kesepakatan tertib berlalu lintas yang dilakukan oleh semua Kapolres diwilayah Rayon II serta Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan beberapa SKPD yang ada di Bukittinggi.(Dipra) 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top