Ruang Publik

TMSBK Bukittinggi Jalin Kerjasama dengan Jawa Timur Park

Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukitinggi kembali melakukan kerjasama dengan Lembaga Konservasi Satwa, kali ini adalah dengan Lembaga Konservasi Jawa Timur Park (PT.Bunga Wangsa Sedjati).

Sebelumnya pada bulan Oktober 2016 lalu adalah dengan Bali Zoo berupa tukar menukar satwa yang merupakan salah satu bentuk upaya pengembangan fungsi dan menambah daya tarik TMSBK.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Walikota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias dengan Direktur Lembaga Konservasi Jawa Timur Park (PT.Bunga Wangsa Sedjati) Rio Imam Sendjojo. dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan sumber daya yang ada pada kedua lembaga konservasi.

Kerjasama yang dilakukan ini meliputi Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manuisa, Aktualisasi  Sumber Daya Manusia perawat Satwa, Pertukaran Satwa serta bidang–bidang lain yang dianggap perlu. Bertempat di Jatim Park, Kota Wisata Batu Jawa Timur.

“Kota Bukittinggi mempunyai banyak kesamaan dengan Kota Batu, dimana terletak di daerah ketinggian yang berhawa sejuk, diharapkan satwa yang nantinya akan dilakukan pertukaran tidak akan mengalami banyak kendala dalam penyesuaian cuacanya,” ujarnya.

Kebun Binatang Bukittinggi merupakan yang tertua di Indonesia dan unik karena berada dipusat kota. Kota Batu terletak di kawasan ketinggian sekitar 700 hingga i.700 meter dari permukaan laut. Luasnya 202 kilometer, sekitar delapan kali lebih besar dibanding Bukittinggi dengan jarak 20 kilometer dari Kota Malang.

Ramlan Nurmatias mengakui bahwa tertarik untuk melakukan kerjasama ini dengan melihat profesioalnya manajemen penngelolaan, lingkungan dan kandang–kandang yang bersih akan membuat binatang menjadi sehat, hal ini terlihat dari bulu–bulu binatang nya yang berkilat.

Sementara itu General Manajer Lembaga Konservasi Jawa Timur Park Drs.Agus Mulyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi atas kedatangan Walikota beserta rombongan karena diharapkan dengan saling mengenal akan berlanjut kerjasama berikutnya dalam pengembangan satwa. Sebagaimana sebelumnya telah pernah dilakukan pertukaran satwa seperti Pertukran Zebra dan Burung Kaswari dengan Tapir yang berasal dari TMSBK.

Hadir pada penandatanganan kerjasama tersebut, Wakil Walikota, Forkomimda Kota Bukittinggi, Sekda, serta SKPD terkait. Sedangkan dari Batu terlihat hadir Kepla Balai Besar KSDA Jawa Timur.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top