Ruang Publik

Kucing Emas di TMSBK Bukittinggi Masih Dalam Kandang Karantina

Kondisi Kucing Emas dengan nama latin Pardofelis temminckii yang dititipkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi, masih berada di dalam kandang karantina.

Kepala Bidang TMSBK, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bukittinggi Ikbal, Sabtu (19/11/2016), menjelaskan, Kucing Emas ini dititipkan BKSDA Sumbar setelah seminggu lalu ditangkap warga di Kampung Baru, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, 12 November 2016 lalu.

“Kucing Emas ini tergolong satwa langka, dan baru kali ini ada di Kebun Binatang Bukittinggi, saat datang Kucing Emas itu juga dalam keadaan terancam, hewan ini biasanya berkeliaran pada malam hari dan jarang berinteraksi dengan manusia,” ujarnya.

Menurut Ikbal, dalam kandang karantina Kucing Emas itu dijaga oleh petugas, dan belum boleh dilihat langsung oleh pengunjung, pemberian makanan dan vitamin nya pun juga dijaga ekstra hati-hati, karena hewan ini masih titipan, perlu dijaga secara ekstra.

Makanan yang diberikan berupa daging, dan jenis burung-burung, mengingat sebelumnya sempat tidak mau makan selama dua hari, sekarang sudah normal kembali, sementara vaksin diberikan beserta makanan oleh petugas kesehatan.

“Sebagai lembaga konservasi TMBSK memang harus memelihara Kucing Emas ini, setelah kondisi nya normal, kalau mendapat izin dari BKSDA, satwa ini akan dipelihara dan menjadi penghuni baru TMSBK, tentunya dipersiapkan kandang yang layak untuk habitat barunya,” jelas Ikbal.

Hingga sekarang sambung Ikbal, kondisi Kucing emas ini sehat, dan masih perlu perawatan khusus, sehingga tingkat stres nya berkurang, karena hal itu menjadi salah satu penyebab kematian hewan mamalia ini.

Saat dilihat langsung ke kandang karantina bersama Kabid TMSBK dan petugas penjaga, terlihat hewan ini memang sulit didekati, saat di foto pun terlihat sedikit ketakutan, dan merasa terancam, sampai melakukan gerakan perlawanan dambil memperlihatkan gigi taringnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top