Ruang Publik

TMSBK Bukittinggi Bakal Miliki Sembilan Ekor Satwa Baru

Setelah menandatangani kerja sama dengan Bali Zoo dalam bentuk tukar menukar satwa Oktober 2016 lalu, kini Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi, siap menyambut kedatangan sembilan ekor satwa yang telah dijanjikan pihak Bali Zoo.

Kepala Bidang TMSBK, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bukittinggi, Ikbal, saat ditemui di TMSBK, Sabtu (19/11/2016), mengatakan, kerjasama ini sangat menguntungkan bagi TMSBK Bukittinggi, karena dengan adanya satwa baru itu akan menjadi magnet tersendiri untuk peningkatan jumlah pengunjung.

“Dari TMSBK akan ditukarkan dua ekor Harimau Sumatera terdiri dari satu jantan dan satu betina dengan sejumlah satwa dari Bali Zoo yakni tiga ekor Walabi Irian terdiri dari satu jantan dan dua betina, tiga ekor Burung Bayan terdiri dari satu jantan dan dua betina serta tiga ekor Singa Afrika terdiri dari satu jantan dan dua betina.

Ikbal menambahkan, kerja sama tukar-menukar satwa itu merupakan salah satu bentuk pengembangan TMSBK kedepan. Selain itu secara berkala pembenahan yang dipersiapkan untuk kedatangan satwa baru juga sedang dilakukan untuk kenyamanan pengunjung.

“Kedatangan sembilan ekor satwa yang direncanakan itu tinggal menunggu terbit nya izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan diharapkan jelang akhir tahun satwa itu telah datang, dan dapat disaksikan oleh pengunjung yang datang,” ulasnya.

Untuk kandang Singa Afrika, Walabi, dan Burung Bayan itu sambung Ikbal, telah disiapkan sesuai standar, sehingga satwa ini dapat beriteraksi di habitat barunya. Sesuai rencana satwa ini akan dibawa melalui perjalanan udara dengan cargo pesawat, atau lewat jalur darat.

Ikbal Berharap, kesembilan satwa baru ini datang pada bulan Desember 2016 mendatang, karena bertepatan dengan momen liburan sekolah, natal, dan akhir tahun, dimana pada saat itu setiap tahun terjadinya peningkatan pengunjung, yang bakal berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi karcis masuk.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top