Ruang Publik

Tahun 2017 Mendatang, Pemko Bukittinggi Bakal Jadikan Seluruh Kelurahan Gunakan Pelayanan Media Cyber

Inovatif yang diterapkan di Kelurahan Gulai Bancah menjadi Kelurahan Cyber atau pelayanan administrasi berbasis online, berhasil membawa nama Bukittinggi harum ditingkat nasional, Kelurahan Cyber tersebut berhasil menjadi Kelurahan terbaik Nasional Regional Sumatera.

Bertolak dari keberhasilan tersebut, Pemerintah Kota Bukittinggi pun hal serupa dapat diterapkan pada seluruh kelurahan yang ada di Bukittinggi.

“Insyaallah, 2017 mendatang ditargetkan 24 kelurahan yang ada di tiga kecamatan akan dijadikan kelurahan Cyber. Dan untuk tahap pertama sebanyak 7 kelurahan akan dijadikan sebagai pilot projeck kelurahan Cyber tersebut,” kata Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Kelurahan Dan Nagari (PMPKN) Kota Bukittinggi, Rismal Hadi, Selasa (15/11/2016).

Menurut Rismal Hadi, tujuh kelurahan yang akan dijadikan sebagai pilot projek tersebut diantaranya, kelurahan Pakan Kuray, Tarok Dipo, Puhun Tembok, Campago Guguk Bulek, Aur Kuning, Pakan Labuah dan Kelurahan Parit Antang.

Untuk merealisasikan target tersebut terang Rismal, maka saat  ini pihaknya  tengah melakukan tahap pembinaan dan sosialisasi secara bertahap terhadap ketujuh kelurahan yang akan dijadikan pilot projeck kelurahan Cyber tersebut.

“Saat ini baru kelurahan Kubu Gulai Bancah satu-satunya kelurahan Cyber di Bukittingggi ataupun di Sumbar. Bahkan Kubu Gulai Bancah juga menjadi ikon kelurahan Cyber di Indonesia. Untuk itu pada 2017 mendatang kita menargetkan seluruh kelurahan sudah menjadi kelurahan Cyber,” ujarnya.

Rismal Hadi juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ketua LPM, masyarakat dan pemuda kelurahan Kubu Gulai Bancah, yang telah memberikan penghargaan kepada kantor PMPKN Bukittinggi dan Lurah Kubu Gulai Bancah, Indra Heldi.

Ditambahkan, penghargaan yang diberikan itu sehubungan keberhasilan yang diraih oleh kelurahan Kubu Gulai Bancah sebagai kelurahan berprestasi tingkat nasional untuk tingkat Regional 1 Sumatera, dimana kelurahan tersebut mampu menerapkan pelayanan Cyber yang berbasis  semua pelayanan dengan teknologi dan internet.

.“Keberhasilan yang diraih itu merupakan kesuksesan kita bersama. Dan itu semua  tidak terlepas dari dukungan dari semua pihak, mulai dari bimbingan dan pembinaan yang diberikan oleh Wali kota dan Wakil Wali kota, Sekda, TP-PKK, SKPD, camat dan lurah. Serta partisipasi dari seluruh LPM dan Masyarakat Kubu Gulai Bancah,” jelasnya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top