Ruang Publik

Pemko Bukittinggi Imbau Masyarakat Konsisten Patuhi Peraturan Daerah

Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), mengimbau masyarakat setempat konsisten mematuhi peraturan daerah (perda), salah satunya Perda Nomor 3 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bukittinggi Syafnir, Jumat (11/11/2016), mengatakan, konsistensi masyarakat dalam mematuhi atau menegakan perda diperlukan untuk membantu menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Menurutnya, Satpol PP bersama Tim Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kota (SK4) setempat rutin melakukan razia penyakit masyarakat yang dilakukan berkala untuk setiap wilayah.

Dalam penegakan aturan dilakukan secara rutin dan berkala serta ada lokasi-lokasi yang diprioritaskan.

“Bila satu wilayah sudah dinilai aman dan bersih ditandai dengan tidak adanya temuan tindakan yang melanggar perda, razia dilakukan ke wilayah lain namun tetap ada pengawasan untuk lokasi sebelumnya,” jelasnya.

Selama kurun satu bulan terakhir, pihaknya tidak menemukan warga yang melakukan pelanggaran perda, namun disayangkan dalam razia yang dilaksanakan Kamis (10/11/2016) hingga Jumat dinihari pihaknya kembali menjaring warga yang melakukan pelanggaran aturan.

“Razia tadi malam kami lakukan ke lokasi-lokasi penginapan sampai ke lingkungan pasar. Kami menyita dua jerigen tuak di salah satu warung di Pasar Bawah dan mengamankan satu pasangan asal Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, tanpa identitas resmi di salah satu penginapan di Jalan Soekarno Hatta,” tukasnya.

Syafnir menyebutkan, warga yang terjaring razia itu telah diproses dan dikenai sanksi sesuai aturan yang berlaku.

“Terutama untuk penginapan yang masih melanggar aturan kami memberi tiga kali teguran namun bila masih tidak dipatuhi, kami akan rekomendasikan ke pada pihak yang berwenang mengeluarkan izin untuk mencabut izin beroperasi agar rasa nyaman betul-betul tercipta,” ujarnya.

Syafnir mengimbau para pelaku usaha dan masyarakat dapat konsisten mematuhi aturan terkait ketertiban umum karena secara rutin Tim SK4 bersama Satpol PP setempat terus melakukan kegiatan penegakan aturan.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top