Ruang Publik

Satpol PP Bukittinggi Sosialisasikan Peraturan Daerah ke Sekolah-sekolah

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bukittinggi, gist menosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum ke-20 sekolah dan perguruan tinggi di daerah itu selama 2016.

Kepala Satpol PP Bukittinggi Syafnir mengatakan, kegiatan itu dilakukan rutin setiap tahun dan hingga saat ini sudah 13 sekolah dan perguruan tinggi yang mendapatkan sosialisasi mengenai perda tersebut.

“Sasaran kegiatan ini yakni siswa tingkat SMP, SMA dan mahasiswa karena dalam perda itu ada ketentuan yang juga diperuntukan bagi para siswa dan mahasiswa agar jangan sampai mereka melakukan pelanggaran karena ketidaktahuan,” tukasnya, Jum’at (11/11/2016).

Syafnir menuturkan, salah satu ketentuan yang diatur di antaranya ketentuan di rumah kos bahwa ada keharusan untuk melakukan wajib lapor di lingkungan setempat, ketentuan di tempat hiburan dan pedagang kaki lima.

“Misalnya, berbelanja pada pedagang kaki lima, ada aturan yang mengatur masyarakat agar tidak berbelanja pada pedagang yang berjualan di tempat terlarang karena sanksinya sama dengan yang pedagang berupa tindak pidana ringan. Ini perlu diketahui oleh para siswa,” terangnya.

Menurut Syafnir, kasus pelanggaran perda yang sering dilakukan oleh generasi muda dan terjadi di daerah itu yakni balap liar, pasangan ilegal di tempat penginapan dan berada di tempat hiburan hingga lewat pukul 23.00 WIB.

“Namun dari kasus yang pernah didapati itu, sebagian besarnya dilakukan oleh bukan warga Bukittinggi. Di sini peran aturan yang ada agar dapat membuat pelakunya jera dan tidak mengulangi tindakan serupa,” terangnya.

Ditambahkan, dalam pemberian sanksi selalu sesuai dengan aturan yang sudah diatur dalam perda. Bagi pelanggar di bawah umur pihaknya melakukan pembinaan terlebih dahulu dan melakukan pemanggilan orang tua maupun pihak sekolah yang bersangkutan.

“Kami imbau para orang tua dan guru agar selalu memantau anak dengan baik karena Satpol PP bersama Tim Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kota (SK4) rutin melakukan razia untuk penegakan aturan dan memberi sanksi tegas bagi yang melanggar,” ujarnya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top