Ruang Publik

Humas Bukittinggi Diharapkan Jadi Agen Informasi

Pemerintah Kota Bukittinggi saat ini banyak kegiatan dan program strategis, namun kurang terpublikasikan sehingga tidak bergaung benar di masyarakat. Karena itu, peran Humas pada SKPD sangat diharapkan menjadi agen pemberitaan sekaligus corong lembaganya.

“Ke depan kita tidak mau lagi kegiatan pemko kurang ekspos, terutama sekali melalui media,” ujar Walikota Bukittinggi, M. Ramlan Nurmatias, Senin (31/10/2016).

Walikota mengakui publikasi yang minim melalui pemberitaan media itu, salah satu penyebabnya keterbatasan pada bagian humas Sekretariat Daerah. Demikian pula humas-humas yang ada pada SKPD, ataupun pejabat tertentu yang diberi amanah mengemban fungsi humasnya, juga punya keterbatasan pengetahuan dan keahlian.

Menurut M. Ramlan Nurmatias, Kota Bukittinggi dengan sektor unggulan pariwisata, pendidikan dan perdagangan dan jasa mesti dipublikasikan lebih gencar. Dengan begitu masyarakat dalam skala nasional juga mengetahui informasi tentang Kota Jam Gadang secara jelas, termasuk wisatawan.

“Humas diminta menulis berita kegiatan SKPD dan mengkoordinasikan dengan Bagian Humas Sekretariat Daerah untuk selanjutnya diakses ke media. Teknologi sekarang makin canggih, silahkan manfaatkan untuk pengiriman berita Pemko,”  tukasnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bukittinggi Yollis Andri mengatakan, tenaga kehumasan hendaknya memiliki kemampuan menguasai informasi, komunikasi dan pembuatan berita. Hal itu dimaksudkan untuk menjawab tantangan tuntutan kebuhan informasi yang merupakan hak bagi masyarakat dan mesti dipenuhi oleh Pemko.

“Bagian Humas Setdako Bukittinggi diharapkan menjadi agen infomasi di SKPD, sehingga alur publikasi kegiatan pemko secara umum dapat lebih gencar,” tukasnya.

Kepala Bagian Humas Setdako Bukittinggi Yulman menanggapi,  pihaknya berharap juga akan terbentuk satu wadah berhimpunnya jajaran Humas SKPD Pemko Bukittinggi. Namanya bermacama. Ada yang memakai Bakohumas (Badan Koordinasi Kehumasan), lalu, ada pul yang menggunakan forum.

“Bisa saja berupa Forum Komunikasi Kehumasan, yang penting wadahnya kita upayakan membentuk,” ujarnya.

Forum itu sangat banyak manfaatnya. Misalnya dalam menyusun perencanaan dan program humas ke depan, terutama sekali dalam mempublikasikan kegiatan serta membangun citra positif Pemko Bukittinggi.

Khusus berkaitan pemberitaan, lanjut Yulman, lagi, idealnya Humas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang telah mendapat bimbingan teknis kehumasan, diminta dapat mengekspos kegiatan SKPD nya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top