Ruang Publik

Kenaikan Retribusi di Bukittinggi Diimbangi dengan Peningkatan Pelayanan

Walikota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias menyatakan kenaikan retribusi yang diusulkan pemerintah setempat melalui empat rancangan peraturan daerah (ranperda) akan diikuti dengan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

“Menyangkut ranperda tentang retribusi izin mendirikan bangunan (IMB), adanya kenaikan tarif akan diimbangi dengan peningkatan pelayanan perizinan bagi masyarakat yang mengajukan, baik pelayanan teknis maupun administrasi,” ujarnya, Jum’at (28/10/2016).

Direncanakan penerbitan perizinan akan menggunakan sistem dalam jaringan (daring) agar proses perizinan berjalan sesuai ketentuan dan harapan masyarakat.

“Kami juga sepakat dengan saran DPRD agar melakukan pemetaan dan penyusunan data base objek retribusi IMB sehingga jumlah bangunan dapat diketahui secara berkala,” katanya.

Mengenai dua ranperda yang mengatur tentang retribusi parkir di tepi jalan dan tempat khusus parkir sambung M. Ramlan Nurmatias, pihaknya akan memberikan perhatian khusus untuk menghapus tindakan premanisme dan parkir liar serta menindak pelaku agar tercipta kenyamanan bagi masyarakat.

“Saat ini ada 14 ruas jalan dengan 23 titik parkir. Retribusi yang akan ditetapkan disertai dengan pelayanan yang lebih baik bagi pengguna jasa parkir dan melakukan pengawasan terhadap juru parkir,” tambahnya.

Selanjutnya mengenai ranperda retribusi penyediaan kakus, Ramlan menyampaikan apresiasi terhadap dukungan DPRD agar pemerintah meningkatkan pelayanan dengan menyediakan toilet umum yang lebih nyaman seiring perubahan tarif.

“Keempat ranperda yang kami sampaikan telah disusun sesuai peraturan yang berlaku dan telah melakukan sinkronisasi dan harmonisasi dengan tenaga perancang dari Kanwilkum HAM Sumbar. Harapan ke depan, pelaksanaan perda ini dapat berjalan semestinya,” ujarnya.

Sementara Ketua DPRD setempat, Beny Yusrial mengatakan pembahasan selanjutnya terhadap empat ranperda itu akan dilakukan melalui rapat kerja antara DPRD dan pemerintah setempat.

“Kami akan bentuk dua panitia khusus (pansus) untuk membahas empat ranperda tersebut,” tukasnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top