Ruang Publik

Kecamatan ABTB Bukittinggi Targetkan 250 Lebih Akseptor Baru

Sebagai tindak lanjut dari nota kesepakatan TP PKK tingkat kota Bukittinggi beberapa waktu lalu, TP PKK kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) membuat nota kesepakan dengan delapan TP PKK kelurahan se kecamatan ABTB.

Ketua TP PKK kecamatan ABTB diwakili Sefa Yusrita menyebutkan, dalam rangka HKG PKK- KB Kesehatan tahun 2016 yang pencanangannya untuk tingkat kota Bukittinggi direncanakan 27 Oktober 2016 lusa, disikapi oleh TP PKK kecamatan ABTB dengan menggelar pertemuan sekaligus membuat nota kesepakatan dengan kader dan pihak terkait.

“Kegiatan yang didukung dengan bergeraknya setiap kelompok dasawisma yang ada dalam mensukseskan program Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan ini harus disukseskan secara bersama-sama,” ujarnya, Selasa (25/10/2016).

Sesuai pesan dari ketua TP PKK Kota Bukittinggi pada rapat sebelumnya sambung Sefa Yusrita, dasawisma yang kurang aktif dan tidak aktif agar diaktifkan semaksimal mungkin. Karena kelompok perpuluhan ini adalah ujung tombak dan cikal bakal terwujudnya 10 program pokok PKK ditengah masyarakat.

Sementara itu, PPLKB kecamatan ABTB Darneti mengharapkan, semua program kegiatan yang telah direncanakan dalam HKG PKK KB-Kes ini dapat dicapai hendaknya dengan kerja sama semua pihak.

“Jangan hanya dibebankan kepada petugas dan kader KB yang ada dilapangan saja, karena khusus untuk mencari akseptor baru sudah merupakan kegiatan rutin dari kader KB dan PLKB dilapangan. Dalam HKG PKK KB-Kes ini bagaimana semua stakeholder menjalin kerja sama untuk program lainnya yakni kesehatan,” tukasnya.

Darneti  menambahkan, lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) dan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) hendaknya juga dapat kita wujud nyatakan dilapangan yang diawali dari setiap rumah tangga yang tergabung dalam kelompok dasawisma. Kita harus membuat masyarakat mengetahui, memahami dan melaksanakan LBS dan PHBS di setiap rumah tangga dan lingkungan sekitarnya.

Dalam rangka mensukseskan kegiatan HKG PKK KB-kes di kecamatan ABTB ditargetkan pencapaian akseptor baru sebanyak 250 lebih melalui 7 jenis alat kontrasepsi yakni IUD, MOP, MOW, kondom, Implant, suntik dan pil. Sedangkan target untuk setiap kelurahan terdiri dari Birugo 25 akseptor, Belakang Balok 20, Sapiran 25, Aur kuning 75, Pakan Labuah dan Ladang Cakiah masing-masing 21, serta Parit Antang dan Kubu Tanjung masing-masing 19 akseptor.

Kepada masing-masing lurah dipesankan agar membuat kesepakatan yang sama di tingkat kelurahan dan sekaligus menyediakan posko. Sehingga kegiatan yang berjenjang mulai dari tingkat kelurahan ini akan tercapai sesuai sasaran yang telah ditetapkan.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top