Ruang Publik

Belakang Balok Ikuti Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Bukittinggi

Kelurahan Belakang Balok kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), telah dikunjungi tim penilai kelurahan berprestasi tingkat kota Bukittinggi, Senin 10 Oktober 2016 lalu.

Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat pemerintahan kelurahan dan Nagari ( PMPKN ) kota Bukittinggi Rismal Hadi, Senin (17/10/2016), mengatakan, Kelurahan Belakang Balok merupakan salah satu kelurahan yang mewakili kecamatan ABTB pada penilaian kelurahan berprestasi tingkat kota Bukittinggi yang akan berlomba dengan dua kelurahan utusan dua kecamatan lainnya.

Untuk mendapatkan yang terbaik tingkat kota Bukittinggi nantinya, akan dilakukan tiga tahap kegiatan meliputi, penilaian, pemantauan dan pembinaan selama tiga bulan kedepan.Tim akan melihat perkembangan yang ada di kelurahan.

“Jangan sampai kondisi yang ada pada saat tim turun melakukan penilaian hanya kondisi sesaat yang direkayasa. Tapi betul-betul hendaknya sudah menjadi keadaan keseharian  kelurahan secara permanen. Sehingga hasil yang diperoleh nantinya bukanlah prestasi yang sifatnya semu, karena prestasi  tersebut merupakan reward dan prestise bagi kelurahan,” jelasnya.

Dalam penilaian yang dilakukan secara formal dan informal nantinya sebut Rismal Hadi, tim akan memberikan masukan untuk kemajuan kelurahan kedepan. Bagaimana kelurahan bersama masyarakat merespon masukan tersebut, merupakan nilai bagi kelurahan.

“Sesuai Permendagri Nomor 81 tahun 2015, juga dilakukan evaluasi terhadap perkembangan kelurahan. Kelurahan dikategorikan pada kelurahan cepat berkembang, berkembang dan kurang berkembang. Sedangkan yang ikut lomba pada penilaian ini adalah kelurahan kategori berkembang dan cepat berkembang,” ujarnya.

Indikator yang akan dinilai meliputi bidang pemerintahan,  bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan dengan 9 sub bidang seperti, partisipasi masyarakat, lembaga masyarakat, kamtibmas,pendidikan, kesehatan, ekonomi, PKK, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Penilaian dilakukan terhadap 3 aspek, yakni aspek administrasi, kondisi ril dilapangan dan inovasi dalam memajukan kelurahan untk meningkakan kesejahteraan masyarakatnya. Kita berharap dengan mengikuti lomba ini, banyak kreatifitas yang tercipta dari kondisi sebelum lomba.

Ketua TP PKK kota Bukittinggi Yessi Ramlan berharap masyarakat kelurahan Belakang Balok dapat menyaring dan siap menghadapi pengaruh globalisasi yang ada. Ibu-ibu kader dilapangan hendaknya lebih kreatif dan ikhlas dalam berbuat. Sehingga kelurahan Belakang Balok mampu meraih prestasi menjadi yang terbaik.

Sementara Camat ABTB Ardiwan Aziz mengatakan, kelurahan Belakang Balok merupakan kelurahan terbaik dalam penilaian kelurahan berprestasi tingkat kecamatan yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

“Untuk itu, kami siap menerima masukan dari tim penilai sekaligus menjadi yang terbaik nantinya di tingkat kota,“ ujar Ardiwan.

Penilaian yang berlangsung di aula Poltekkes Belakang Balok tersebut dihadiri Lurah se kecamatan ABTB,  Babinsa/Babinkamtibmas, LPM, RT/RW, tokoh masyarakat, PKK dan para kader. Tim yang beranggotakan 17 orang tersebut melakukan penilaian melalui tanya jawab kelompok dan peninjauan lapangan.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top