Ruang Publik

Polres Bukittinggi Upayakan Peningkatan Kepatuhan Pengendara Kendaraan Bermotor

Kepolisian Resor Bukittinggi melalui jajaran Satuan Lalu Lintas saat ini mengutamakan kegiatan preemtif atau imbauan dan pendekatan sebagai upaya meningkatkan kepatuhan para pengendara kendaraan bermotor dalam berlalu lintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Bukittinggi, AKP Aris Cai Dwi Susanto, Jum’at (14/10/2016), mengatakan, kegiatan preemtif yang dalam waktu dekat akan dilakukan berupa kegiatan yang dapat menggugah pengendara tentang pentingnya patuh pada aturan lalu lintas.

Menurut Aris Cai Dwi Susanto, pihaknya menyusun kegiatan mulai dari para calon pengendara mengurus kepemilikan surat izin mengemudi (SIM).

“Saat antri mengurus SIM, kami akan suguhkan tayangan berupa pesan-pesan dari korban kecelakaan lalu lintas, mengapa bisa kecelakaan dan risiko yang harus diterima dari kecelakaan itu. Diharapkan, paling tidak pengendara tergugah menyaksikan tayangan tersebut sehingga patuh pada aturan lalu lintas,” jelasnya.

Aris Cai Dwi Susanto menambahkan, program itu mulai dilaksanakan sejak 12 Oktober 2016 lalu, dan akan dilakukan setiap hari selama layanan pengurusan SIM.

“Meski sudah mengurus atau memiliki SIM, dan kendaraan dalam keadaan baik, pengendara tidak lantas dapat bebas begitu saja di jalanan, mereka harus perhatikan keselamatan diri sendiri dan pengendara maupun pengguna jalan lainnya,” tukasnya.

Selanjutnya sambung Aris Cai Dwi Susanto, pihaknya akan memberikan penghargaan bagi para pengendara yang tertib dalam berlalu lintas.

Selama ini, menurutnya polisi identik dengan tindakan memberi hukuman pada pengendara tidak patuh sehingga terkesan fokus pada kesalahan saja.

“Dengan memberikan penghargaan, pengendara yang patuh akan merasa diapresiasi. Hal ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan dengan masyarakat,” ujarnya.

Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Kanit Dikyasa) Satlantas Polres setempat, Aiptu Yasliman menambahkan, penghargaan itu akan diberikan kepada pengendara kendaraan roda dua berupa helm, piagam dan bunga.

“Kegiatan ini dilakukan selama satu minggu, mulai Jumat 14 Oktober 2016. Karena ini berupa aksi di jalanan, jadi kami akan berpindah-pindah setiap hari mencari pengendara yang patuh pada aturan lalu lintas,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, pengendara yang patuh akan diminta naik podium untuk menerima penghargaan dan bila memungkinkan juga akan disaksikan oleh Kapolres dan Wali Kota setempat.

“Melalui kegiatan preemtif ini, kami tentu berharap warga semakin patuh sehingga tercipta kenyamanaan bagi semua pengguna jalan,” ujarnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top