Ruang Publik

Polsek Bukittinggi Imbau Warga Giatkan Kegiatan Keamanan Keliling

Kepolisian Sektor (Polsek) Bukittinggi, mengimbau warga setempat agar menggiatkan kegiatan keamanan keliling (kamling) di tingkat kelurahan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kapolsek Bukitinggi, Kompol Zahari Almi, Jum’at (14/10/2016), mengatakan, gangguan keamanan dapat terjadi kapan saja sehingga diperlukan kerjasama masyarakat dalam bentuk menggiatkan kamling di tiap kelurahan.

Pengoptimalan kegiatan ini guna mengantisipasi ancaman gangguan keamanan sering muncul dalam bentuk teror seperti pintu rumah warga yang diketok berulang-ulang atau dinding rumah yang dipukul dan kejadian itu sering kali berujung pada pencurian.

“Karena itu, kami harap masyarakat juga aktif menjaga keamanan. Bila hanya mengandalkan polisi saja, adakalanya tidak dapat dijangkau dengan segera sehingga bisa kecolongan terus,” ujarnya.

Zahari Almi menambahkan, dari laporan-laporan yang pernah masuk ke Polsek Bukittinggi, kawasan di daerah itu yang rawan terhadap gangguan kamtibmas di antaranya wilayah Garegeh, Pulai Anak Aia, Gulai Bancah, Inkorba dan kawasan pasar seperti Pasar Bawah dan Pasar Aur.

“Penting juga untuk diperhatikan lingkungan di sekitar kampus dan rumah kos. Sasaran di sana pada umumnya barang elektronik seperti laptop dan telepon genggam milik mahasiswa,” tukasnya.

Zahari Almi mengimbau warga agar meningkatkan kewaspadaan dan menjaga kebersamaan untuk melaksanakan kegiatan kamling untuk memantau dan melaporkan karena gangguan kamtibmas juga dapat terjadi pada siang hari.

“Tindakan preventif atau mencegah sebelum terjadi lebih penting dilakukan dari pada represif. Karena bila telah terjadi, polisi membutuhkan waktu untuk melakukan tindakan penyelidikan. Sehingga lebih baik dicegah melalui bantuan keaktifan masyarakat menjaga keamanan,” ujarnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top