Ruang Publik

Pemko Bukittinggi Ajak Masyarakat Untuk Hadiri Peringatan Tahun Baru Hijriyah

Pemko Bukittingi mengajak masyarakat untuk menghadiri peringatan tahun baru Hijriyah 1 Muharam yang puncak perayaan akan digelar di Pelataran Jam Gadang pada 2 Oktober mendatang.

Pasalnya, peringatan tahun baru 1 Muharram 1438 Hijriah yang jatuh pada 2 Oktober mendatang itu, akan diperingati dengan beragam acara. Dan puncak perayaan akan digelar di Pelataran Jam Gadang dengan mengumandangkan Adzan Maghrib melalui pengeras suara Jam Gadang dan diikuti dengan Sholat Maghrib berjamaah.

“Pertukaran hari tahun baru Hijriah bukan jatuh pada pukul 00.00 WIB melainkan jatuh pada terbenamnya matahari disaat waktu Maghrib. Oleh karena itu Puncak perayaannnya akan dilakukan dengan shalat Magrib berjamaah di Pelataran Jam Gadang Bukittinggi,” ujar Kepala Bagian Kesra Setdako Iskandar, Jum’at (30/9/2016).

Menurut Iskandar,  pada peringatan tahun baru 1 Muharram 1438 Hijriah tahun ini diperingati warga Kota Bukittinggi dengan beragam acara. Usai shalat Magrib bejamaah kegiatan dilanjutkan dengan Khatam al-quran dengan sistem berkelompok, dimana setiap kelompok menamatkan bacaan al-quran  satu jus.

Usai sholat Isya, acara dilanjutkan dengan taushiah, acara seremonial serta pengumuman pemenang lomba nasyid dan cerdas cermat antar remaja mesjid se Kota Bukittinggi yang digelar pada 30 September dan 01 Oktober.

“Oleh karena itu kita menghimbau dan mengajak seluruh warga kota untuk turut serta meramaikan acara gebyar 1 muharram tersebut,” harap Iskandar.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Muhammad Nur mengungkapkan, perayaan tahun baru hijriah bertujuan untuk semakin mendekatkan umat Islam kepada agamanya.

Diakuinya penghitungan tahun Hijriah memang baru dimulai pada masa Khalifah Umar Bin Khatab, namun tetap berpijak pada hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Ia juga menghimbau agar umat Islam kembali membiasakan penghitungan tanggal dan tahun berdasarkan kalender Hijriah. Karena dengan itu, setiap perayaan hari besar Islam akan mudah diingat beserta sejarah dan semangat yang melatarbelakanginya.

Ketua Persatuan Hari Besar Islam (PHBI) Khamidir mengharapkan perayaan tahun baru Hijriah mendatang akan diramaikan oleh seluruh umat Islam di Kota Bukittinggi terutama para generasi muda penerus bangsa.

Hal yang sama juga disampaikan Syamsul Bahri dari Himpunan Da’i dan Mubaligh. Ia berharap bagaimana remaja Islam kembali meramaikan mesjid dan turut aktif dalam setiap acara peringatan hari besar Islam, termasuk perayaan 1 Muharram.

“Untuk lomba nasyid akan digelar pada 30 September yang diikuti 25 tim yang terdiri dari 125 peserta perwakilan dari 45 mesjid di Kota Bukittinggi dan digelar di MAN 1 Gulai Bancah. Sementara lomba cerdas cermat diikuti 45 tim dan berlangsung di RRI Bukittinggi,” terang Syamsul Bahri.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top