Ruang Publik

Kemenag Bukittinggi Harapkan Jemaah Haji yang Baru Pulang Jadi Motivator Masyarakat

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bukittinggi Muhammad Nur mengharapkan jamaah haji yang baru saja pulang dari Tanah Suci agar menjadi motivator kebaikan bagi masyarakat di sekitarnya.

“Jamaah yang baru saja kembali dari Tanah Suci, kami harap dapat mengayomi masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya agar selalu dekat dengan ajaran agama,” ujarnya, Kamis (29/9/2016).

Menurut Muhammad Nur, jamaah haji dapat menjadi suatu ukuran kebaikan setelah menempuh perjalanan panjang ke Tanah Suci, biaya besar dan kesehatan yang teruji sehingga setelah seseorang mengerjakan haji, hendaknya menjadi motivator kebaikan di lingkungannya.

“Dengan demikian, akan ada perubahan sosial dan moral ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Selain itu sambung Muhammad Nur, predikat haji mabrur indikatornya dilihat dari keadaan setelah kembali yang lebih baik dibanding keadaan sebelum berhaji.

“Mabrur itu bila ada perubahan ke arah yang lebih baik, seperti dari kegiatan sosial, ibadah, peningkatan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya, semua harus jadi lebih baik,” tukasnya.

Muhammad Nur berharap, jamaah haji dapat mempertahankan predikat mabrur dan mengimbau agar bergabung dengan Ikatan Persaudaraan Haji yang dapat menjadi salah satu wadah pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, jamaah haji asal Bukittinggi yang terdiri dari 67 orang laki-laki dan 193 orang perempuan telah sampai di daerah itu Rabu kemarin sekitar pukul 13.30 WIB dan disambut di Balaikota Lama Jalan Sudirman.

Kedatangan jamaah mengalami keterlambatan dari jadwal sebelumnya mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pukul 4.25 WIB menjadi pukul 6.15 WIB karena kendala teknis.

Jamaah Bukittinggi kembali dengan jumlah yang sama saat diberangkatkan dan dalam kondisi sehat, namun kami harap tetap memeriksakan diri ke puskesmas terdekat agar terpantau lebih baik.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top