Ruang Publik

DKP Bukittinggi Sosialisasikan Pengolahan Sampah Pada Dasawisma

Sekitar 50 orang kelompok Dasawisma Kelurahan Kayu Kubu mengikuti sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam pengolahan sampah, di aula kantor kelurahan setempat, Rabu (28/9/2016).

Dalam kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bukittinggi itu, para peserta juga diberikan pelatihan bagaimana cara mengolah sampah untuk dijadikan kompos dan kreasi daur ulang. Sehingga sampah yang diolah itu bisa menjadi barang bernilai ekonomis.

“Sosialisasi dan pelatihan yang kita laksanakan guna untuk merubah menset/pola pikir masyarakat dalam pengelolaan sampah,” kata Kepala DKP, Supadria didampingi Kabid Pengolahan Sampah dan Sanitasi, Zulhelmi usai membuka kegiatan tersebut.

Adapun yang menjadi tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan itu ujar Supadria, yakni untuk mengurangi volume sampah di Kota ini yang dimulai dari rumah tangga sekaligus memberikan nilai tambah terhadap sampah.

Melalui sosialisasi dan pelatihan yang diberikan, diharapkan setelah pelatihan peserta dan masyarakat bisa memanfaatkan sampah-sampah yang ada dirumah tangga untuk diolah menjadi kompos ataupun barang beharga dan pernak pernik lainnya.

“Jangan Tempat Pembungan Sampah (TPS) yang dipikirkan oleh masyarakat, tapi bagaimana sampah rumah tangga tersebut bisa diolah pada waktu senggang. Karna TPS itu hanya menampung sampah sampah yang sudah tidak bisa lagi diolah,” ungkap Supadria.

Menurutnya, untuk mengurangi volume sampah sekaligus untuk mewujudkan Bukittinggi yang bersih, DKP terus menggiatkan sosialisisasi dan pelatihan pelatihan pemanfaatan sampah  bagi seluruh masyarakat.Dan Kegiatan tersebut selalu dilakukan setiap tahunnya pada 24 kelurahan yang tersebar di 3 kecamatan yang ada di Bukittinggi.

“Alhamdulillah, sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam pengolahan sampah telah kita laksanakan pada 21 kelurahan, tinggal lagi 3 kelurahan yang belum dilaksanakan. Bagi kelurahan yang sudah melaksanakan kegiatan ini akan dilakukan  evaluasi,” terang Supadria.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top