Ruang Publik

Dishubkominfo Bukittinggi Optimalkan Sosialisasi Siaran Informasi

Dinas Perhubungan Komonikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Bukittinggi baru-baru ini telah menggelar sosialisasi dan diskusi tentang meningkatkan  kontrol sosial masyarakat terhadap isi siaran informasi.

Kepala Dishubkominfo Bukittinggi Ibentaro Samudera , Senin (26/9/2016), sosialisasi yang telah digelar itu mengambil tema tentang isi siaran dalam membangun sikap masyarakat terhadap siaran informasi, diikuti sekitar 50 orang peserta yang berasal dari PKK, Bundo Kanduang, Alim Ulama, Ninik Mamak, unsure kelurahan dan kecamatan, organisasi masyarakat serta pelaku siaran Di Bukittinggi.

“Sosialisasi yang digelar merupakan program kerja Dishubkominfo Propinsi Sumbar bekerja sama dengan Dishubkominfo Bukittinggi serta KPID Sumbar. Dengan tujuan untuk meningkatkan ilmu masyarakat terhadap siaran informasi sekaligus menjaring aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Melalui sosialisasi ini, Ibentaro Samudra berharap akan dapat meningkatkan  pemahaman masyarakat terkaid dengan isi siaran informasi yang berpedoman pada Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

“Pihak Dishubkominfo  menyampaikan ucapan terima kasih dan meapresiasi  kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan. Meski kegiatan ini dianggarakan oleh Provinsi namun pihaknya menyambut baik sosialisasi yang digelar tersebut, karana kegiatan yang digelar sangat positif terkait dengan siaran atau informasi yang diserap masyarakat,” ujarnya.

Diakuinya, perkembangan informasi saat ini tidak hanya melalui media cetak dan eloktronik namun juga melalui jejaringan sosial dengan menampilkan beragam informasi. Untuk itulah masyarakat harus bisa melakukan kontrol sosial terhadap isi siaran informasi tersebut dan  berpartisipasi untuk memajukan penyiaran.

“UU 32 tahun 2002 telah membentuk Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang berfungsi mewadahi dan mewakili kepentingan masyarakat dalam hal penyiaran. Kita berharap sosialisasi ini dapat dimanfaatkan dalam  membentuk karaker dan jati diri masyarakat. Sehingga kecerdasan masyarakat dalam memanfaatkan media dapat kita wujudkan,” harap Ibentaro.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top