Ruang Publik

Disdukcapil Bukittinggi Targetkan 50 Persen Anak Miliki KIA

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bukittinggi, menargetkan 50 persen anak di daerah itu memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) di tahun pertama pelaksanaan program tersebut.

“KIA efektif dilaksanakan tahun 2017. Tahap awal berlangsung selama tiga tahun. Kami targetkan pada tahun pertama 50 persen anak telah memiliki KIA,” kata Kepala Bidang Administrasi Kependudukan Disdukcapil Bukittinggi, Masriwal, Kamis (22/9/2016).

Menurut Masriwal, pihaknya saat ini melakukan persiapan menjelang penerbitan KIA karena sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016, setiap anak Indonesia wajib memiliki kartu identitas resmi.

“Data jumlah anak diambil dari data setiap Kartu Keluarga (KK) yang sudah disimpan dalam data base. Kami sedang persiapkan agar target awal itu dapat dicapai,” ujarnya.

Saat program tersebut telah berjalan, setiap anak yang lahir akan langsung diterbitkan akta kelahiran beserta KIA.

Selain itu, sejumlah persiapan lain untuk penerbitan KIA di antaranya persiapan anggaran dan melakukan sosialisasi di kecamatan hingga melalui sekolah-sekolah.

Masriwal menambahkan, KIA diperuntukkan bagi anak usia 0 sampai 17 tahun kurang satu hari yang dibagi dalam dua jenis.

Bagi anak usia 0 sampai 5 tahun, KIA tidak dilengkapi pasfoto dan bagi anak usia 5 sampai 17 tahun kurang satu hari, KIA dilengkapi pasfoto.

“KIA ini bermanfaat sebagai tanda pengenal anak untuk urusan administrasi misalnya saat membuka rekening tabungan di bank, layanan kesehatan, mendaftar sekolah hingga mencegah terjadinya tindakan kriminal seperti perdagangan anak sehingga kami harap pada pelaksanaannya nanti, para orang tua ikut aktif mendukung program kepemilikan KIA tersebut,” jelasnya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top