Ruang Publik

Pemko Bukittinggi Peringati Hari Perhubungan dan Hari Lingkungan Hidup

Pemko Bukittingggi peringati Hari Perhubungan Nasional dan Hari Lingkungan Hidup dalam satu upacara di Halaman Balaikota Bukittinggi, Senin (19/9/2016). Bertindak selaku Pembina Upacara Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Dalam kesempatan itu Ramlan menyampaikan, hari perhubungan nasional merupakan momentum yang tepat untuk meresapi kembali makna semboyan perhubungan “Wahana Manghayu Warga Pertiwi” yang artinya perhubungan adalah wahana untuk menyejahterakan bangsa dan negara.

Sektor perhubungan memiliki peranan amat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan poltik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Karena itu segenap SDM perhubungan dituntut memperkuat kembali komitmen untuk memberikan kerja keras yang nyata di sektor transportasi.

“Melalui hari perhubungan nasional tahun 2016, mari kita tingkatkan  prestasi kerja nyata untuk mewujudkan transportasi yang aman, selamat dan nyaman,” ujar Ramlan.

Sedangkan untuk peringatan Hari Lingkungan Hidup diperingati berupa Hari Ozon Sedunia , Hari Car Free Day Internasional dan Hari Emisi Nol. Menurut Ramlan, peringatan hari lingkungan hidup tidak hanya diperingati ditingkat nasional, tapi juga ditingkat Internasional.

“Hari peringatan lingkungan hidup merupakan hari yang ditetapkan oleh pemerintah guna menggalang kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup. Kelestarian lingkungan hidup merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat di dunia ini,” terang Ramlan.

Usai pelaksanaan upacara diumumkan sekolah peraih Adiwiyata tingkat Kota Bukittinggi dan Adiwiyata tingkat Propinsi. Untuk Adiwiyata tingkat kota yakni SDN 01 Ladang Cakiah, SDN 01 Campago Ipuah, SDN 02 Percontohan, SDN 02 Campago Guguak Bulek, SDN 04 Bukit Apit Puhun, SDN 05 Birugo, SDN 05 Tarok Dipo, SDN 07 Teladan, SDN 07 Belakang Balok, SDN 17 Pakan Kurai, SDS Al Azhar, SDS Fransiskus Dan SMAN 1 Bukittinggi. Sedangkan untuk Adiwiyata tingkat Propinsi tahun 2016 yaitu SMKN 1, SMPN 4, SMPN 5 dan SDN 13 Bukit Apit Puhun.

Dalam kegiatan tersebut, Walikota Ramlan Nurmatias juga menyerahkan hadiah untuk pemenang lomba photografi  tingkat SMA  se Kota Bukittinggi, dengan tema Puspa Dan satwa. Untuk juara I diraih Angga Saputra siswa MAN 2 dengan hadiah berupa uang sebesar Rp. 1.300.000, Juara II Fadhylah Muhammad siswa SMAN 5 dengan hadiah sebesar 1 juta rupiah dan  juara III  M. Rizki Salman siswa SMAN 2 Bukittinggi, dengan hadiah sebesar 800 ribu rupiah.

Sedangkan untuk pemenang Lomba Kreasi Daur Ulang, Juara I diraih Agusrizal dari Kelurahan Manggis Gantiang dengan hadiah berupa uang sebesar Rp. 1.400.000, Juara II Deswira dari Kelurahan Tarok Dipo dengan hadiah Rp. 1.200.000, dan Juara III Reni Susilawati dari Kelurahan Sapiran yang mendapatkan hadiah sebesar Rp. 1.100.000.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top