Ruang Publik

Dinas Pertanian Bukittinggi Imbau Masyarakat Aktif Perhatikan Kesehatan Hewan Qurban

Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pertanian mengimbau masyarakat setempat ikut aktif memperhatikan kondisi hewan kurban yang akan disembelih pada Idul Adha 1437 Hijriah.

Kepala Dinas Pertanian Melwizardi, Sabtu (10/9/2016), mengatakan, pihaknya telah menyebarkan surat edaran mengenai cara membeli dan memilih hewan kurban.

“Sebelum dilakukan penyembelihan, kesehatan hewan kurban akan diperiksa dan diterbitkan surat keterangan kesehatannya,” ujarnya.

Pihaknya akan melakukan pemeriksaan hewan kurban mulai Kamis 8 September 2016 lalu, dan dilakukan setiap hari selama satu minggu karena pemeriksaan dilakukan sebelum dan sesudah hewan disembelih.

Menurut Melwizardi, hewan yang sehat memiliki nafsu makan yang baik, bulu tidak kusam, mata bersinar, hidung tidak basah dan tidak kurus.

Selain itu, hewan kurban harus berjenis kelamin jantan dan berusia di atas dua tahun untuk sapi dan di atas satu tahun untuk kambing.

“Hal inilah yang akan diperiksa oleh tim pemeriksa yang berjumlah lima kelompok mulai besok dan diharapkan berjalan dengan baik sehingga tidak ada kasus kesehatan warga yang terganggu akibat mengonsumsi daging hewan kurban,” tukasnya.

Melwizardi menambahkan, pada Idul Adha 1436 Hijriah lalu, pemeriksaan dilakukan terhadap 905 ekor hewan kurban di 130 titik pemeriksaan. Diperkirakan tahun ini juga akan berjumlah sekitar 900 ekor.

“Kami harap masyarakat ikut aktif membantu dengan memerhatikan lokasi pemotongan yang harus bersih dan sehat sehingga tidak berdampak bagi kualitas daging, pisau harus tajam dan tidak berkarat serta pengemasan daging sebaiknya menggunakan kantong plastik bening,” tuturnya.

Bagi warga yang belum memiliki surat keterangan kesehatan hewan sambung Melwizardi, dapat menghubungi Dinas Pertanian setempat dan pelayanan pemeriksaan kesehatan itu tidak dipungut biaya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top