Ruang Publik

Kapolres Bukittinggi Perketat Pengawasan Senjata Api Anggota

Polres Bukittinggi memperketat kepemilikan dan penggunaan senjata api bagi anggota Polri di wilayah hukum Polres Bukittinggi.

Kapolres Bukittinggi AKBP Tri Wahyudi, Sabtu (3/9/2016) mengatakan, upaya ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan wewenang anggota Polri dalam menggunakan senjata api.

“Dari pengalaman sebelumnya, banyak anggota Polri, khususnya di wilayah hukum Polres Bukittinggi, yang lulus tes psikologi, tapi dalam dunia nyata kadang-kadang tidak bisa terkendali. Banyak faktor yang membuat kondisi ini terjadi, diantaranya faktor keluarga, faktor ekonomi dan lain sebagainya,” tukasnya.

Menurut Kapolres, sangat penting dilakukan pemeriksaan senjata api bagi anggota secara rutin, untuk menghindari penyalahgunaan itu.

“Kalau surat izinnya sudah mati, akan ditarik, yang bersangkutan harus memperbarui izinnya, harus mendapat rekomendasi dari kasat, dan banyak proses-proses lainnya yang harus dilalui. Selama tidak memenuhi aturan, saya akan persulit. Saya tidak ingin anggota menggunakan senjata api jika tidak sesuai dengan aturan. Bahkan, anggota saya yang berpangkat Bripda tidak diberikan senjata api,” jelas Tri Wahyudi. (gus)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top