Ruang Publik

Meriahkan HUT Koperasi ke 69, Dekopinda Kota Bukittinggi Gelar Serangkaian Kegiatan

Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota  Bukittinggi bakal menggelar serangkaian  kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke-69, yang jatuh pada 15 September mendatang.

Sesuai dengan rencana  kegiatan yang telah disususun oleh panitia pelaksana, dimana rangkaian acara peringatan HUT Koperasi itu diawali dengan penyelenggaraan lomba cerdas terampil antar gerakan Koperasi di Bukittinggi yang berlangsung pada 6-8 September 2016 mendatang di Auditorium RRI.

Lomba cerdas ini memperebutkan tropi bergilir  dari Dekopinwil dan tropi Walikota. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan lomba Koperasi terbaik se-Kota Bukittinggi dan penilaian penyimpan terbanyak, serta kegiatan bhakti sosial lainnya.

“Untuk acara puncak akan dilaksanakan  pada tanggal 15 September dengan menggelar temu ramah  Gerakan Koperasi se-Kota Bukittinggi dengan Pemko Bukittinggi,” ujar Ketua Panitia HUT Koperasi ke 69, Erwindra Susan, Rabu (31/8/2016).

Sementara itu Ketua Dekopinda Bukittingi, Syarwan Djas mengatakan, saat ini di Kota Bukittinggi ada sekitar 105 koperasi yang menjalankan usahanya. Dari jumlah itu, yang aktif melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) hingga Desember 2015 sebanyak 87 koperasi.

Sedangkan Jumlah warga yang tergabung sebagai anggota berjumlah 17.433 orang, dengan volume usaha sebesar Rp.170 milliar dan SHU tahun 2015 sebesar Rp. 8 milliar. Sementara total asset yang dimilki koperasi saat ini sebesar Rp. 254 milliar.

“Oleh karena itu, demi kemeriahan HUT Koperasi ke 69, kita berharap dukungan dari walikota untuk suksesnya kegiatan tersebut,”  terang Syarwan Djas.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Ramlan Nurmatias mengapresiasi dan mendukung Dekopinda Bukittinggi yang akan menggelar serangkaian acara pada peringatan HUT Koperasi ke 69 tersebut. Menurutnya, momen Hari Koperasi ke-69 itu haruas dimanfaatkan untuk kembali mengenalkan dan mensosialisaikan tentang koperasi kepada masyarakat umum.

Ramlan Nurmatias berharap, semangat Koperasi untuk mensejahterakan anggotanya harus dipertahankan. Apalagi Bukittinggi sebagai kota kreatif, dimana banyak usaha kecil dan menengah yang membutuhkan bantuan modal usaha.

“Oleh karena itu koperasi diharapkan mampu melakukan pembinaan tidak hanya dalam bentuk bantuan modal, namun juga dalam hal pengembangan usaha,” pintanya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top