Ruang Publik

Pemko Bukittinggi Komit Optimalkan Realisasi PAD

Walikota Bukittinggi, M. Ramlan Nurmatias mengatakan akan mengoptimalkan realisasi pendapatan asli daerah (PAD) terutama yang berasal dari retribusi.

“Realisasi pendapatan retribusi daerah tahun 2015 memang belum mencapai target, yakni hanya 83 persen dari target Rp20,37 miliar atau Rp17,03 miliar. Beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) belum mencapai target seperti Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Dinas Pengelolaan Pasar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” ujarnya, Selasa (30/8/2016).

Ramlan Nurmatias menyebutkan, hal itu disebabkan karena belum optimalnya pengelolaan terhadap objek retribusi di antaranya regulasi retribusi yang kurang relevan, kebiasaan masyarakat menunda pembayaran retribusi dan belum maksimalnya pengelolaan parkir di pinggir jalan.

“Sesuai saran dari DPRD seperti maksimalisasi proyeksi target pendapatan daerah dan evaluasi maupun revisi regulasi akan menjadi perhatian pemerintah ke depan dalam mengelola pendapatan daerah,” tukasnya.

Selain retribusi, Ramlan Nurmatias juga menyampaikan tanggapan terkait sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) yang mencapai Rp88,87 miliar.

“Hal itu disebabkan karena terlambatnya proses pelelangan sehingga pekerjaan banyak dilaksanakan pada triwulan terakhir. Ini tentu akan menjadi evaluasi bagi pemerintahan saat ini,” lanjutnya.

Di samping pengelolaan keuangan, menurut Ramlan Nurmatias, pemerintah juga akan lebih memerhatikan masalah kota lainnya seperti pengelolaan parkir, memaksimalkan peran setiap kelurahan dalam mendukung pariwisata dan perbaikan fasilitas di sekolah seperti WC.

“Pada dasarnya, pandangan umum yang telah disampaikan DPRD merupakan masukan yang konstruktif untuk pembangunan dan peningkatan pelayanan bagi rakyat. Kami sampaikan apresiasi atas masukan dari DPRD tersebut,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPRD setempat, Beny Yusrial mengatakan, pihaknya akan segera membentuk panitia khusus (pansus) untuk membahas ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2015 tersebut selama satu bulan ke depan.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top