Ruang Publik

Manfaatkan Teknologi Cyber, Kelurahan Kubu Gulai Bancah Bukittinggi Sandang Predikat Juara Nasional 2016

Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, yang merupakan bagian dari 24 kelurahan yang banyak diperbincangan orang saat ini, baik level propinsi Sumatera Barat, apalagi pada level nasional.

Pasalnya pada tahun sekarang ini, Kelurahan Kubu Gulai Bancah berhak menyandang predikat juara nasional sebagai Kelurahan Berprestasi 2016.

Prestasi tersebut semakin lengkap pada tahun sekarang ini, karena piala kelurahan berprestasi mampu dipersandingkan dengan prestasi juara 1 Sumatera Barat lomba Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Lurah Kubu Gulai Bancah Indra, Kamis (25/8/2016), mengungkapkan, keberhasilan meraih prestasi terbaik di tingkat nasional itu dinilai layak dan pantas, mengingat terobosan yang dilaksanakan, diantaranya saat orang masih memikirkan kemudahan dalam layanan pada masyarakat, staf di Lurah Kubu Gulai Bancah berinovasi untuk lebih mengedepankan pelayanan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

“Saat sebanyak 14 jenis surat dilayani secara online kepada masyarakat, seperti pelayanan Surat Keterangan Kelakuan Baik, Surat Keterangan Usaha, Surat Keterangan Domisili, dan surat keterangan lainnya,” ujar Indra.

Menurut Indra, saat ini masyarakat tidak perlu lagi susah mengurus ke kelurahan, cukup memanfaatkan aplikasi sipp.bukittinggikota.go.id yang berproses secara online. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang berkembang sangat cepat, maka kelurahan Kubu Gulai Bancah tak mau ketinggalan, teknologi internet harus berada dalam genggamannya melalui pemanfaatan teknologi Cyber.

“Selain itu kelurahan Kubu Gulai Bancah juga menyediakan Wifi gratis pada beberapa titik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Tidak hanya itu, berkat jalinan kerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat serta Pemuda Kelurahan, saat ini di Balai Pemuda Kubu Gulai Bancah sudah tersedia perangkat komputer yang sudah terkoneksi dengan internet. Siapapun dapat memanfaatkannya, baik untuk belajar komputer, mencari data dan berita, membuat tugas bagi siswa atau mahasiswa dan lainnya,” tukasnya.

Dengan semangat yang tinggi untuk ingin berubah kearah yang lebih baik, seorang inovator aplikasi yang sekaligus Aparatur Sipil Negara di Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Bukittinggi Rahmad Syah Mulya berhasil menjadikan kelurahan Kubu Gulai Bancah sebagai Kelurahan Cyber pertama di Bukittinggi, malahan tak tanggung-tanggung menjadi kelurahan Cyber pertama juga di Sumatera Barat.

Menurut Rahmad Syah Mulya, adapun kemudahan yang didapat melalui aplikasi itu, berupa pelayanan adminiatrasi yang berbasis internet yang selama ini dilakukan secara manual , baik secara registrasi maupun pengolahan dokumennya.

Melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), pelayanan adiministrasi dewasa ini sudah berbasis internet dan online. Semua data kependudukan masyarakat Kubu Gulai Bancah dan pelayanan administrasi yang dibutuhkan telah terprogram melalui aplikasi online. Akhirnya mampu mengefisienkan waktu dalam pengolahan dan penyelesaian  pelayanan administrasi yang dibutuhkan masyarakat,” jelasnya.

Rahmad Syah Mulya menambahkan, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor lurah untuk mendapatkan pelayanan administrasi, tetapi cukup registrasi melalui internet dari rumah masing-masing atau dimanapun mereka berada serta masyarakat cukup datang ke kantor lurah pada saat penjemputan dokumen pada jadwal yang sudah ditentukan.

“Kelurahan Kubu Gulai Bancah saat ini juga telah memiliki aplikasi pustaka online untuk memudahkan akses bagi setiap masyakat yang membutuhkan data mengenai kepustakaan di Kelurahan Kubu Gulai Bancah,” ujarnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top