Ruang Publik

Pawai Alegoris Menyambut Hut RI ke 71 di Bukittinggi Berlangsung Meriah

Pawai Alegoris yang digelar Pemko Bukittinggi untuk memeriahkan HUT RI ke-71 memicu lautan manusia di sejumlah ruas jalan di Kota Bukittinggi, Kamis 18 Agustus 2016, yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB.

Sejumlah jalur yang dugunakan sebagai rute pawai, mulai dari kawasan Lapangan Kantin Jalan Sudirman, Jalan Panorama, Jalan Ahmad Yani Kampung Cina hingga kawasan Jam Gadang dipenuhi masyarakat.

Tak hanya dari peserta dan orangtua anak-anak yang memadati jalanan Bukittinggi, tapi sebagian wisatawan serta tamu hotel juga tampak ikut menikmati pawai terbesar itu. Para pedagang asongan juga tak mau kalah mengambil kesempatan emas itu, mulai dari pedagang yang jual minuman, makanan ringan hingga menjual mainan anak-anak.

Dari pantauan dilapangan, berbagai penampilan unik dan menarik disuguhkan masing-masing kontingen, mulai yang mengenakan kostum pejuang yang dilengkapi bambu runcing dan meriam dari bambu, hingga berpenampilan ala pejuang, seperti Imam Bonjol, Jenderal Sudirman, serta pejuang lainnya. Kontingen berpakaian adat serta kendaraan hias juga ikut ambil bagian meramaikan pawai tersebut.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias bersama Forkopinda yang duduk di panggung kehormatan di simpang kangkung atau depan Kantor PLN Cabang Bukittinggi sangat antusias melihat kemeriahan pawai ini.

Menurut Walikota, meski terik matahari sempat menyengat tubuh para penonton, namun sebagian besar dari mereka tetap tak bergeming, seolah-olah tak mau meninggalkan berbagai pertunjukan dan hiburan yang ada di hadapannya.

Ramlan Nurmatias menambahkan, pawai alegoris ini sebelumnya telah diagendakan, dengan mengajak seluruh unsur terutama jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga melalui peran serta seluruh sekolah, disamping tambahan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta BUMN.

Sementara itu Kabag Humas Pemko Bukittinggi, Yulman mengatakan, Pawai Alegoris ini diikuti 166 kontingen, ditambah 85 pasukan drum band. Masing-masing kontingen jumlah pesertanya beragam, yang terbanyak berjumlah 200 orang.

“Selain para siswa dari seluruh jenjang pendidikan di Bukittinggi, Pawai Alegoris ini juga diikuti oleh masing-masing SKPD di Bukittinggi, utusan kecamatan, kelurahan, organisasi masyarakat, mahasiswa serta sejumlah lembaga dan perusahaaan swasta. Semuanya dilibatkan untuk memeriahkan HUT RI ke-71,” jelasnya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top