Ruang Publik

Mengharukan, Pedagang Pasar Atas Bukittinggi Gelar Upacara Hut Ri Ke 71 Di Kawasan Jam Gadang

Suasana Haru mendadak muncul saat Asosiasi Pedagang Pasar Atas Bukittinggi-Sumbar menggelar upacara HUT RI ke-71 di kawasan Jam Gadang Bukittinggi, Rabu 17 Agustus 2016, tatkala raungan bunyi sirine terdengar sahut menyahut.

Saat detik-detik Proklamasi itu, beberapa pedagang tampak terharu dan mengeluarkan air mata. Maklum, sebagian besar diantara mereka sudah lama tidak mengikuti upacara HUT RI, sehingga semenjak tamat sekolah tidak pernah lagi merasakan langsung momen sakral pengibaran sang saka merah putih.

Ketua Panitia Pelaksana, Bos Martin mengatakan, ada tujuh kelompok di Pasar Atas yang bergabung mengikuti upacara ini. Masing-masing kelompok diwakili beberapa orang, yang total peserta upacara berjumlah sekitar 150 orang. Ini upacara gabungan terbesar dan yang pertama dilakukan oleh Pedagang Pasar Atas Bukittinggi..

“Ketujuh kelompok yang mengikuti upacara ini adalah pedagang Pasar Lereng, Pasar Butik, Pasar Kerupuk Sanjai, pedagang aksesoris, pusat pertokoan pasar bertingkat, Koperasi Cahaya Hati serta dari Koperasi Pariuak Basamo,” ujarnya.

Meski seluruh pelaksana upacara berasal dari pedagang (kecuali inspektur upacara dari Dinas Pasar Bukittinggi) sambung Bos Martin, namun seluruh rangkaian upacara disesuaikan dengan prosedur tetap (protap) yang dilakukan pemerintah.

Dalam upacara ini, pengerek bendera dipercayakan kepada tiga pedagang perempuan, yakni Dina, Dini dan Firli. Untuk komandan upacara ditunjuk Hengki, sementara pembaca teks Proklamasi dilakukan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Bos Martin.

“Kemerdekaan RI itu bukan saja milik pemerintah, tapi milik seluruh rakyat Indonesia. Atas dasar itu kami melakukan upacara ini, sekaligus untuk mempererat rasa persaudaraan dan jiwa gotong royong. InsyaAllah kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun,” tukasnya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top