Politik

Pembahasan LKPJ Tahun Anggaran 2016, DPRD Bukittinggi Undang Seluruh SOPD

HaloBukittinggi : Untuk percepatan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Kota Bukittinggi Tahun Anggaran 2016, Sabtu (15/4/2017), Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bukittinggi lakukan pembahasan LKPJ, dengan mengundang kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di Kantor DPRD Kota Bukittinggi.

Ketua Pansus LKPJ DPRD Kota Bukittinggi, M. Nur Idris mengatakan, dimanfaatkannya hari libur untuk pembahasan LKPJ karena waktu yang diberikan kepada Pansus sangat pendek yakni selama 30 hari harus memberikan rekomendasi atas LKPJ Walikota Bukittinggi. Sementara DPRD diminta untuk serius melakukan pembahasan agar bisa memberikan reomendasi untuk perbaikan kedepan.

“Waktu pembahasan sangat pendek, sementara pembahasan LKPJ sangat dibutuhkan keseriusan pansus untuk menggali permasalahan laporan LKPJ tahun anggaran 2016 dalam membuat catatan dan rekomendasi nantinya. Makanya kita menfaatkan hari libur untuk melakukan pembahasan,” terangnya.

Menurut M. Nur Idris, penyampaian catatan dan rekomendasi atas LKPJ ini akan disampaikan dalam rapat paripurna yang dijadwalkan pada 2 Mei 2017, nanti dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Bukittinggi.

Menyinggung apa bentuk catatan dan rekomendasi DPRD atas LKPJ Walikota 2016 ini, M. Nur Idris enggan memberikan komentar. Ia hanya mengatakan bahwa rekomendasi dewan bersifat progress report atau dengan catatan penilaian.

“Rekomendasi DPRD nanti bersifat progress report terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan selama satu tahun anggaran dalam bentuk saran, masukan atau koreksi untuk perbaikan kedepan. Jadi sifatnya hanya berupa saran dan masukan untuk penyelenggaraan kedepan” ujar M. Nur Idris

Dalam rapat yang berlangsung dari pagi sampai malam itu, nampak hadir anggota Pansus antara lain Asril, Edison, Jusra Adek, Rusdi Nurman, Syaiful Efendi, Deddi Moies, Zulius, Nursyida, Rismaidi dan M. Syafri Syam untuk memperdalam pembahasan LKPJ. Pansus memanggil semua SOPD dalam lingkungan Pemko Bukittinggi untuk menggali informasi realisasi  anggaran serta kinerja program dan kegiatan yang dilakukan SOPD selama tahun anggaran 2016.

Pada pihak Pemko tampak hadir Sekretaris Daerah Yuen Karnova, didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Zet Buyung, Asisten Perekonomian Ismail Djohar, Kabag Tapem Zulfa Akmal serta sejumlah tim penyusun LKPJ Kota Bukittinggi 2016. Dalam rapat itu masing-masing SOPD diberikan waktu menyampaikan laporan kinerjanya serta hal-hal lain yang menjadi halangan tidak tercapainya realisasi anggaran dan kinerja. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top