Politik

Alat Kelengkapan Dewan DPRD Bukittinggi Diganti

HaloBukittinggi : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bukittinggi, Rabu (5/4/2017) kemaren, melakukan perombakan susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) untuk dua setengah tahun kedepan.

Perombakan susunan AKD tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 tahun 2016 dan Peraturan Tata tertib Nomor I Tahun 2014 yang dilakukan dalam rapat paripurna internal DPRD Kota Bukittinggi.

Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Beny Yusrial mengatakan, perombakan AKD ini dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang diusulkan oleh masing-masing fraksi.

“Ada lima AKD yang dilakukan perombakan yakni Komisi-Komsi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Badan Kehormatan (BK) untuk dua setengah tahun kedepan,” ujarnya.

Menurut Beny Yusrial, perombakan ini dilakukan atas usulan masing-masing fraksi. Dari lima AKD, terdapat tiga AKD yang dilakukan pemilihan oleh masing-masing anggota dewan yakni pemilihan ketua komisi, pemilihan ketua Bapemperda dan pemilihan ketua Badan Kehormatan.

“Sementara untuk Banggar dan Banmus tidak dilakukan pemilihan ketua karena kedua AKD ini langsung dipimpin oleh pimpinan dewan,” ungkapnya.

Dari hasil pemilihan tersebut, Komisi I yang membidangi Hukum dan Pemerintahan kembali dipimpin oleh M. Nur Idris dari Fraksi PAN untuk yang kedua kalinya. Khusus M. Nur Idris sudah dua periode dipercayakan sebagai Ketua Komisi I. Untuk Wakil Ketua Syaiful Efendi (PKS) dan Sekretaris Dedi Patria (PPP).

Untuk Komisi II bidang Pendidikan dan Perekonomian terjadi perombakan yang kali ini dipercayakan kepada Asril (Fraksi Gabungan) menggantikan Rismaidi (PPP) yang ditunjuk sebagai Wakil Ketua sedangkan Sekretaris ditunjuk Edison (Golkar). Berikutnya Komisi III bidang Pembangunan dan Pariwisata diketui kembali oleh Rusdi Nurman (Demokrat), Wakil Ketua Deddi Moeis (Gerindra) dan Sekretaris Jon Edwar (Golkar).

Sementara untuk Bapemperda kembali dipimpin Ibnu Azis (PKS), Wakil Ketua Asri Bakar (Gerindra). Dalam pemilihan Badan Kehormatan terpilih Jusra Adek (Golkar sebagai Ketua dan Sekretaris Herman Syofyan (Gerindra) serta anggota Nursyida (Demokrat).

Usai rapat paripurna internal DPRD Kota Bukittinggi, Beni Yusrial mengingatkan kepada masing-masing AKD untuk segera melakukan rapat menyusun agenda dan program kerja ayang akan dilakukan oleh masing-masing alat kelengkapan dewan.

“Dengan ditetapkannya pimpinan AKD, maka kami harapkan kepada pimpinan AKD untuk segera menggelar rapat mempersiapkan agenda kerja, termasuk untuk melakukan rapat kerja dengan OPD terkait pada masing-masing komisi,” tukanya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top