Politik

Wali Kota Bukittinggi Sampaikan LKPJ 2016, DPRD Bentuk Pansus Pembahasan

HaloBukittinggi : Dalam rapat paripurna istimewa yang digelar DPRD Bukittinggi, Senin (3/4/2017), Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias, menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2016, yang bertempat di Gedung DPRD setempat.

Dalam pidato LKPJ itu, M. Ramlan Nurmatias menjelaskan secara sistematika LKPJ sesuai dengan PP Nomor 3 Tahun 2007, antara lain menyampaikan laporan pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan urusan, tugas pembantuan, dan penyelenggaraan tugas umum yang sudah dilakukan dalam tahun anggaran 2016.

“Dalam pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah  idang pendapatan daerah direalisasikan sebesar 647 miliar dari target sebesar 675 miliar. Sedangkan untuk belanja daerah dialokasikan anggaran 740 miliar dan dapat direalisasikan sebesar 631 miliar atau 85 persen,” tukasnya.

Disamping kinerja anggaran, sambung M. Ramlan Nurmatias, LKPJ juga menyampaikan caaian kinerja pemerintahan Kota Bukittinggi dapat dikatakan telah mencapai target. Namun tetap  ada juga yang belum memenuhi target dengan berbagai permasalahan yang dihadapi.

“Permasalahan yang dihadapi disebabkan karena keterlambatan juknis khususnya pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK), terjadinya gagal tender, keterbatasan lahan yang terkait dengan tata ruang, serta kemampuan dari sumber daya manusia,” ungkapnya.

Ramlan Nurmatias menambahkan, dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, kependudukan, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi disamping pembangunan infrastruktur.

Berbagai capaian penyelenggaraan pemerintah dan penghargaan yang sudah diraih Kota Bukittinggi, baik tingkat nasional sebanyak 21 penghargaan dan 244 prestasi tingkat Propinsi Sumatera Barat,” terangnya.

Ramlan Nurmatias menyampaikan terima kasih yang setulusnya kepada seluruh masyarakat Kota Bukittinggi, DPRD Kota Bukittinggi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pejabat dan seluruh aparatur Pemerintah Kota Bukittinggi yang telah bekerja bersama dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan selama tahun 2016.

Dokumen LKPJ TA 2016 selanjutnya diserahkan Wali Kota M. Ramlan Nurmatias kepada Ketua DPRD Beny Yusrial, untuk dibahas secara internal sesuai tata tertib DPRD guna menghasilkan rekomendasi agar tercapainya peningkatan kinerja pemerintahan dan pembangunan pada masa mendatang.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Bukittinggi Beny Yusrial menyampaikan, dengan diterimanya dokumen LKPJ TA 2016, maka tugas denwan untuk membahas, mempelajari dan membuat rekomendasi atas LKPJ dimaksud selama 30 hari.

Usai rapat paripurna istimewa, sore harinya DPRD Kota Bukittinggi langsung menggelar rapat untuk membicarakan teknis pembahasan LKPJ yang sudah disampaikan Wali Kota. Dalam rapat paripurna internal DPRD Kota Bukittinggi, Ketua Komisi Satu DPRD Bukittinggi M. Nur Idris secara aklamasi dipercayakan sebagai Ketua Pansus LKPJ TA 2016.

Nur Idris usai rapat internal menyebutkan, bahwa Pansus akan bekerja secara marathon menyelesaikan rekomendasi dengan waktu 30 hari kedepan.

Insya Allah pansus akan bekerja secara maksimal untuk membuat rekomendasi atas LKPJ Walikota TA 2016,” tukasnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top