Politik

KPU Bukittinggi Siapkan Rumah Pintar

HaloBukittinggi : Untuk mengupayakan edukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi berencana akan menyiapkan Rumah Pintar Pemilu.

Demikian disampaikan Kepala Divisi Sosialisasi KPU Bukittinggi Benny Aziz di Bukittinggi, Senin (27/3/2017), menurutnya, keberadaan Rumah Pintar Pemilu ditargetkan dapat mendorong terselenggaranya pendidikan bagi pemilih secara berkelanjutan dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pemilu.

“Rumah Pintar Pemilu ditargetkan akan diluncurkan pada April 2017 yang fasilitasnya diperuntukkan pada seluruh lapisan masyarakan, dengan sasaran utama para pemilih pemula,” terangnya.

Menurut Benny Aziz, Rumah Pintar Pemilu juga akan menyajikan informasi seperti sejarah pemilu di Indonesia dan sistem pemilu, serta menyediakan sarana diskusi bagi masyarakat yang berkunjung dan simulasi pemilu.

KPU menargetkan melalui Rumah Pintar Pemilu dapat memberikan pendidikan politik dan pengetahuan pemilu bagi masyarakat.

“Ikut serta menyalurkan suara dalam pemilu adalah hak masyarakat dan harus dimanfaatkan. Target kami program ini dapat meningkatkan kepesertaan masyarakat di pemilu selanjutnya,” ujarnya.

“Bagi warga yang ingin memanfaatkan fasilitas ini dapat datang secara individu atau berkelompok, dan komisioner KPU Bukittinggi akan memberikan informasi bagi ada yang bertanya dan ingin mengetahui seluk beluk tentang pemilu,” ujarnya.

Sementara itu Kasubag Teknis dan Humas KPU Bukittinggi Beni Mustika mengatakan, Rumah Pintar Pemilu memiliki empat ruang terdiri dari ruang penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi dan ruang diskusi.

“Idealnya ada empat ruangan tersebut, karena saat ini kondisi sarana masih terbatas sehingga hanya digunakan satu ruang yaitu aula KPU Bukittinggi,” tuturnya.

KPU Bukittinggi saat ini masih menyiapkan kebutuhan sarana pendukung Rumah Pintar Pemilu seperti televisi berlayar lebar, alat peraga, maket tempat pemungutan suara (TPS), “sound system”, meja diskusi, mading dan lainnya.

“Kebutuhan memang cukup banyak sehingga saat ini kami mengupayakan kerja sama melalui bantuan dari program CSR perusahaan di daerah di samping dukungan dari pemerintah daerah setempat,” tukasnya. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top