Politik

Jelang Akhir Oktober ini, DPRD Bukittinggi Akan Paripurna kan Lima Ranperda

DPRD Kota Bukittinggi menargetkan sebanyak lima rancangan peraturan daerah (ranperda) dapat diparipurnakan sebelum akhir Oktober 2016.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD setempat, Ibnu Asis, Senin (17/10/2016), mengatakan empat dari lima ranperda tersebut telah disampaikan kepada Gubernur Sumbar untuk difasilitasi.

“Dua dari ranperda itu merupakan inisiatif DPRD yakni mengenai pengelolaan zakat dan pengelolaan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) atau Taman Pendidikan Al Quran (TPQ),” ujarnya.

Sementara tiga ranperda lainnya sambung Ibnu Asis, berasal dari pemerintah setempat yaitu mengenai susunan organisasi perangkat daerah (SOPD) dan mengenai lembaga kemasyarakata di kelurahan. Kemudian ranperda perubahan ke dua atas perda nomor 1 tahun 2010 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan telah selesai difasilitasi.

“Untuk dua ranperda inisiatif DPRD, memang ada penundaan dalam pembahasannya karena agenda lain yang lebih penting dan mendesak seperti pembahasan ranperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Menurut Ibnu Asis, keempat ranperda itu diserahkan dalam kurun satu minggu terakhir dan saat ini menunggu fasilitasi dari gubernur selama 15 hari.

“Bila dalam kurun 15 hari ada perbaikan, maka akan kembali dibahas terlebih dahulu sebelum akhirnya dapat diparipurnakan. Jika ada perbaikan, biasanya terkait penormaan dan tata naskah. Kami harap semua dapat berjalan lancar dan segera turun dari gubernur sehingga sebelum berakhir Oktober 2016, ranperda-ranperda itu dapat diparipurnakan,” tukasnya.

Sementara iyu Sekretaris Daerah Pemkot Bukittinggi, Yuen Karnova mengatakan, bila ranperda telah ditetapkan menjadi perda, akan ada payung hukum bagi pemerintah untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Seperti ranperda pengelolaan MDT/TPQ, akan ada payung hukum bagi pemerintah dalam melaksanakan pembinaan di bidang keagaamaan bagi generasi muda sehingga pengelolaan maupun pengawasannya dapat berjalan lebih baik,” tukasnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top