Politik

Pantau Pemuktakhiran Data Pemilih, KPU Kota Bukittinggi Jalin Kerjasama dengan Disdukcapil

Menindaklanjuti program KPU RI terkait pemutakhiran data pemilih, KPU Kota Bukittinggi bakal melakukan kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bukittinggi.

KPU dan Disdukcapil Kota Bukittinggi telah sepakat  melakukan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait sistem informasi data kependudukan secara elektronik dan saling terintegrasi.

Ketua Komisi Perencanaan dan Data KPU Kota Bukittinggi Benny Aziz, Kamis (22/9/2016), mengatakan, Selama ini, KPU mendatangi kantor Disdukcapil jika ingin mengetahui data terbaru jumlah penduduk yang memiliki hak pilih.

“Ketika nantinya setelah melakukan MoU, KPU bisa melihat langsung secara online tanpa harus mendatangi kantor Disdukcapil. Tapi kami di sini hanya melakukan pengamatan dan tidak berhak menambah atau mengurangi data yang ada,” ujarnya.

Menurut Benny Aziz, dalam ekspos data kependudukan itu, KPU Kota Bukittinggi hanya berhak mempublikasikan jumlah penduduk yang masuk dalam daftar pemilih, serta tidak memiliki wewenang mempublikasikan data kependudukan lainnya.

“MoU ini akan dilakukan secepatnya. Jika perlu, dilakukan dalam bulan ini juga, karena setiap bulan kami harus melakukan pemutakhiran data pemilih,” jelasnya.

Benny Aziz menambahkan, untuk menjalankan sitem ini, KPU Bukittinggi akan menunjuk seorang operator yang bertugas mengamati dan mencatat jumlah daftar pemilih yang terintegrasi dengan sistem data elektronik Disdukcapil tersebut.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top