Peristiwa

Toko di Aur Kuning Bukittinggi Terbakar, Kerugian Diperkirakan Mencapai Rp 2 Milyar

HaloBukittinggi : Satu unit toko dikomplek pertokohan Pasar Aur Kuning Bukittinggi ludes terbakar, Kamis (1/6/2017) dinihari tadi sekitar Pukul 01.20 WIB. Dugaan sementara, kebakaran disebabkan karna arus pendek listrik.

Kabid Pengendalian Operasi Dinas Kebakaran Bukittinggi, Erizal mengatakan, satu unit petak toko yang terbakar itu yakni toko  Marina Seprai milik  Rina Rahma (53), asal Sungai Pua yang berlokasi dibelakang Aur Kuning.

Akibat dari peristiwa ini isi toko tidak terselamatkan, karena toko berisi barang barang kain yang mudah terbakar, sehingga api dengan cepat membakar isi toko. Meski tidak ada korban jiwa, namun  kerugian yang dialami pemilik  diperkirakan mencapai Rp 2 Millyar.

Dalam kejadian tersebut kata Erizal, sebanyak 5 unit mobil Pemadam kebakaran (Damkar), 2 kenderaan oprasional, dan satu komando Rangger Kota Bukittinggi diterjunkan kelokasi untuk menjinakkan api, dan api berhasil dipadamkan 1 jam kemudian yang juga dibantu 1 unit Damkar dari Kabupaten Agam dan 1 unit Damkar dari Padangpanjang.

“Beruntung mobil Damkar cepat sampai dilokasi kejadian sehingga 2 toko yang bersebelahan dengan Marina Seprai yakni toko Toko One Seprai milik Hj Samsel Dalmayeni (55) dan toko WW Tex milik Adi Kadri (27) tidak tersentuh oleh api. Namun demikian toko WW Tex mengalami kerugian lebih kurang 20 juta, karna barang yang ada didalamnya dikeluarkan secara acak sehingga barang banyak yang rusak,” terang Erizal.

Erizal menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap hal-hal yang bisa menyebabkan kebakaran, dengan mengecek kembali arus listrik dan api kompor ketika hendak meninggalkan rumah, kedai maupun toko.

“Biasanya kebakaran yang terjadi itu lebih banyak disebabkan arus pendek, serta kelalaian masyarakat, seperti meninggalkan kompor dalam keadaan hidup, dan meninggalkan rumah dalam kondisi peralatan elektronik yang masih menyala. Jadi pastikan kompor, lampu dan cok listrik lainnya mati saat meninggalkan rumah,” imbau Erizal. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top