Peristiwa

Empat Tersangka Pencuri Konter HP Diamankan Polres Bukittinggi

Jajaran Polres Bukittinggi berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan yang terjadi disebuah konter handphone pada Senin (16/1/2017) lalu dkawasan Jalan Soekarno Hatta. Setidaknya empat pelaku pencurian diamankan Senin (23/1/2017) sore kemarin dibeberapa lokasi dikawasan Gantiang, Kelurahan Manggis Ganting, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS).

Informasi yang dihimpun dilapangan, penangkapan terhadap empat pelaku yang masing-masing diketahui bernama Soni (22), Rahmat (27), Andri (19), dan Roby (19), berkat hasil pengembangan yang dilakukan pihak Polres Bukittinggi dari keterangan karyawan konter dan saksi-saksi lainnya.

Bersama keempat pelaku, jajaran Polres Bukittinggi juga berhasil mengamankan 50 unit handphone hasil curian yang diambil dari beberapa lokasi yang sempat dijual oleh pelaku. Selain itu juga diamankan beberapa benda tajam yang digunakan pelaku untuk melakukan aksinya berupa linggis, parang dan celurit.

“Jadi berselang sepekan dari kejadian, kita berhasil amankan empat pelaku dengan barang bukti. Nah, barang bukti berupa handphone berbagai merek ini telah dijual pelaku ke berbagai lokasi. Mulai dari wilayah Bukittinggi sendiri, Payakumbuh, hingga Pekanbaru. Jadi barang bukti yang sudah kita ambil ini baru yang sekitaran Bukittinggi,” terang Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana.

Menurut Kapolres, setelah mencuri seratusan handphone tersebut, para pelaku langsung menjual hasil curiannya itu ke beberapa lokasi, bahkan hingga luar provinsi.

“Alhamdulillah berkat kerja keras semua jajaran Polres Bukittinggi, para pelaku dapat kita tangkap. Mereka saat ini sudah kita amankan dan sedang dalam introgasi,” jelasnya.

Pihaknya, sebut Kapolres masih tengah melakukan pengumpulan terhadap beberapa barang bukti lain yang lokasinya sudah diketahui.

Sebelumnya, Aksi pencurian dengan pemberatan (Curat) dan kekerasan (curas) terjadi pada salah satu  konter handphone di kawasan Jalan Soekarno Hatta digasak maling, Senin (16/1/2017) dinihari sekira pukul 02.30 WIB. Selain menggasak ratusan handphone berbagai merek dengan total kerugian mencapai Rp 100 juta lebih, seorang karyawan konter juga mengalami luka sabetan benda tajam pada bagian kaki dan tangan karena berusaha melawan.

Kejadian tersebut berawal saat karyawan konter yang diketahui bernama Irdal (21), tengah tidur lelap didalam konter milik Faral (39), warga Kapau Tilatang Kamang. Tidur Irdal tiba-tiba terusik saat dirinya sayup-sayup mendengar suara berisik dari atap konter, saat dirinya bangun, setidaknya beberapa orang berhasil masuk kedalam konter setelah berhasil mengupak gipsum atap konter dengan menggunakan linggis.

Irdal sempat memberikan perlawanan, namun aksinya tak membantu banyak, dirinya bahkan sempat disekap oleh pelaku setelah melumpuhkannya dengan senjata tajam dan mengalami luka pada bagian tangan dan kaki.

“Keempat pelaku diancam dengan pasal 351 dan 365 Undang-undang darurat tentang penggunaan senjata tajam dengan ancaman hukuman empat belas tahun penjara,” terang Kapolres.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top