Peristiwa

Polsek Baso Tangkap Lima Tersangka Pencurian

Jajaran Polisi Sektor (Polsek) Baso yang berada di wilayah hukum Polres Bukittinggi, berhasil menangkap lima tersangka pelaku pencurian berbeda kasus, Senin (14/11/2016) malam lalu, sekitar pukul 21.00 WIB di beberapa titik dikawasan Kecamatan Baso. Kelimanya langsung diamankan di Mapolsek Baso untuk diperiksa.

Kapolsek Baso AKP Irsal, Rabu (16/11/2016), mengatakan, kelima pelaku tersebut diamankan dalam dua kasus berbeda, dua diantaranya terlibat kasus pencurian konter HP yang terjadi pada September lalu, dan empat lainnya terkait kasus pencurian Ikan Asin yang terjadi pada Senin (14/11/2016) subuh di Pasar Baso. Masing-masing tersangka pencurian Konter HP antara lain RS (25) warga Air Tabik Kanagarian Baso, FF (23) warga Koto Malintang Nagari Tabek Panjang.

“Sedangkan tersangka pelaku pencurian ikan asin RH (17), warga Koto Malintang Nagari Tabek Panjang, MAK (18) warga Jorong Baso Nagari Tabek Panjang, RS (25) warga Air Tabik Kenagarian Baso, dan AAM (26) warga Jorong Baso Air Tabik Nagari Tabek Panjang,” jelasnya.

Dari kelima orang tersebut setelah diperiksa petugas Polsek Baso sambung Irsal, diketahui jika RS terlibat dalam kedua kasus tersebut. Artinya RS merupakan pelaku yang terlibat dalam kasus pencurian konter HP dan Ikan Asin.

Penangkapan terhadap pelaku berawal dari laporan korban pemilik konter HP yang terjadi pada September lalu.

“Jadi korban atas nama Yasrizon melaporkan jika konter HP nya telah dicuri, akibat kejadian itu korban kehilangan 40 unit Hp berbagai merek dan laptop, serta 79 buah kartu perdana berbagai merek, dengan total kerugian yang dialami mencapai Rp 37 juta. Sejak saat itu kita terus melakukan penyelidikan dan mengetahui identitas pelaku yang menjadi Target Operasi (TO) kita,” ujarnya.

Irsal menjelaskan, awal mulanya tangkapan dilakukan terhadap empat pelaku pencurian ikan asin.

“Jadi begini, pada Senin kemarin ada tiga orang korban yang merupakan pedagang ikan asin di Pasar Baso melaporkan jika mereka kehilangan ikan asin nya masing-masing satu karung. Nah, dari situ kita lakukan penyelidikan dan akhirnya bermuara pada penangkapan empat pelaku. Dari hasil pemeriksaan akhirnya diketahui jika RS juga terlibat pada kasus pencurian konter HP bersama satu temannya yang lain. Dari situlah, kita lakukan penangkapan terhadap FF,” terang Kapolsek.

Penangkapan terhadap kelima orang tersebut menurut Kapolsek dilakukan sejak Senin malam pukul 21.00 wib hingga pukul 22.30 wib dibeberapa tempat berbeda.

“Khusus yang pelaku pencurian konter HP, kedua pelaku mengakui jika barang curian tersebut telah dijual dengan cara diecer kepada pembeli berkisar harga Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Dan inilah yang masih kita selidiki, kemana dan kepada siapa saja barang-barang itu dijual,” tukasnya.

Sedangkan untuk pelaku pencurian ikan asin sebut Kapolsek, para pelaku mengaku jika hasil curian itu telah dijual kepasar Bukittinggi seharga Rp 2,5 juta.

Menurut Kapolsek, pihaknya masih melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut. Kelima orang ini tersandung pasal 363 ayat 4a KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 6 kurungan.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top