Pendidikan

Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi Gelar Library Fiesta

HaloBukittinggi : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi berupaya meningkatkan tingkat baca anak-anak, salah satunya dengan memperkenalkan arsip yang berisikan keterangan tulisan melaui dokumen dan foto.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi Novri, mengatakan, arsip merupakan informasi resmi yang memiliki peran di segala bidang, termasuk pendidikan sehingga dapat dimanfaatkan anak-anak sebagai generasi penerus, mereka dapat mengenal melalui arsip yang ditampilkan dalam Bukittinggi Library Fiesta yang berlangsung mulai hari Kamis 18 Mei hingga Minggu 21 Mei 2017 mendatang.

“Dalam agenda Library Fiesta yang digelar di pelataran Jam Gadang ini, panitia pelaksana menampilkan pameran yang meliputi 400 arsip berupa dokumen dan foto, masyarakat dan anak-anak dapat melihat Kota Bukittinggi dengan tema pendidikan, ekonomi, militer, serta bagaimana kondisi kota sejarah ini dikala tahun 1930 lalu,” jelasnya, Jum’at (19/5/2017).

Novri menambahkan, setiap arsip yang ditampilkan itu akan menambah pengetahuan masyarakat, dan bagi anak-anak hal ini akan menjadi agenda yang menarik melihat pameran arsip yang memiliki nilai sejarah, pengetahuan, dan tentu saja dari keterangan ini akan meningkatkan minat baca mereka.

“Dari arsip yang ditampilkan ini, rasa ingin tau anak-anak akan tergali, mereka pasti akan mencari nya lagi lewat buku, bertanya pada orang tua, maupun lewat jejaring internet yang memiliki informasi tambahan,” tukasnya.

Novri berharap, agenda Library Fiesta ini dapat meningkatkan minat baca anak, termasuk dengan memperkenalkan mobil unit pustaka keliling, dan bagi masyarakat juga akan menambah pengetahuan dan mengenal arti pentingnya arsip, yang apabila disimpan dengan baik suatu saat akan menjadi bagian dari catatan sejarah.

Disamping itu untuk memeriahkan agenda Library Fiesta ini, juga digelar beraneka macam lomba bagi murid PAUD hingga siswa SMA terkait budaya baca, bedah buku, pameran buku dan pentas seni, yang dapat mengasah kemampuan mereka dalam mengenal arsip yang dikenalkan untuk meningkatkan minat baca. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top