Pendidikan

UNBK Tingkat SMP dan MTS di Bukittinggi Berjalan Lancar

HaloBukittinggi : Pelaksanaan ujian akhir di Bukittinggi untuk tingkat SMP dan MTS tahun ajaran 2016/2017, seluruhnya telah mengacu pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), walaupun dalam pelaksanaannya menumpang pada SMA, MAN, dan SMK.

Ketua Rayon UNBK SMP dan MTS se Kota Bukittinggi Yusrizal yang juga Kepala Sekolah SMP Negeri 1, Kamis (4/5/2017), mengatakan, menumpangnya siswa SMP/MTS melaksanakan UNBK di sejumlah SMA, MAN dan SMK, karena masih terkendala soal banyaknya komputer dan keterbatasan labor yang dapat digunakan untuk pelaksanaan UNBK.

“UNBK dilaksanakan tiga sesi dengan sistem online. Sehingga membutuhkan banyak computer. SMP/ MTS yang menumpang itu antara lain SMPN 1 menumpang di SMAN 1, SMPN 2 di SMKN 1, SMPN 3 di SMAN 4, SMPN 4 di SMKN 2, SMPN 5 di SMK 1, SMPN 6 di SMK PB, SMPN 7 di SMAN, dan SMPN 8 menumpang di SMAN 3,” jelasnya.

Sementara itu SMPS Xaverius menumpang di SMA Pembangunan, SMPS Al Islah di SMA Karya Bhakti Ahlu Sunnah Aur, serta hanya SMPS PSM satu-satunya sekolah yang mampu melaksanakan UNBK mandiri.

Sedangkan MTsN I sambung Yusrizal, menumpang di MAN I, dan MTsN 2 menompang di MAN 2. Total seluruh siswa se Bukittinggi yang mengikuti ujian mencapai 2.864 orang. Untuk tahun ini seluruh SLTP yang ada di Bukittinggi telah melaksanakan Ujian NAsional Berbasis Komputer (UNBK).

“UNBK dilaksanakan tiga sesi setiap hari, ujian sesi pertama dimulai pukul 07.30-09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30-12.30 WIB, dan sesi ketiga pada pukul 13.30-15.30 WIB,” ujarnya.

Khusus pelaksanaan UNBK di SMAN I yang diikuti seluruh siswa SMPN 1 hanya dua sesi, karena labor computer cukup banyak.

Menurut Yusrizal, UNBK dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 2 Mei 2017 hingga 8 Mei 2017. Hari pertama kemaren diujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga tadi Bahasa Inggris, dan hari keempat besok dengan mata pelajaran IPA. Sebelum UNBK dilaksanakan para siswa telah melakukan simulasi minimal dua kali dan berlangsung lancar.

“Hingga hari kedua pelaksanaan UNBK berlangsung lancar, memang sempat ada kendala jaringan terhenti beberapa saat, namun setelah itu lancar kembali. Sedangkan untuk kehadiran siswa hanya satu perempuan dari siswa SMP 1 yang tidak dapat hadir karena sedang dirawat dirumah sakit,” tukasnya.

Siswa yang bersangkutan akan mengikuti ujian susulan pada 22-23 Mei 2017 mendatang. Untuk Bukittinggi UNBK ini memang baru tahun ini dilaksanakan 100% sambung Yusrizal. Karena itu diharapkan berjalan lancar demi integritas tinggi Kota Bukittinggi. Sedangkan masih ujian dengan kertas dan pensil saja Kota Bukittinggi telah mendapat penghargaan tertinggi dari segi integritas apalagi dengan UNBK ini.

Sementara itu Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi yang siang tadi meninjau pelaksanaan UNBK SMP/MTS di beberapa sekolah, mengatakan, untuk tahun ini pelaksanaan UNBK bagi SMP masih menompang di beberapa SMA, SMK, dan MA di Bukittinggi.

“Pada dasarnya berjalan baik, hal itu tidak terlepas dari kesiapan panitia yang sangat bagus, termasuk mengantisipasi segala kemungkinan kendala yang terjadi. Bahkan siap dengan pengamanannya,” ujar Irwandi.

Irwandi berharap, seluruh siswa mendapatkan hasil terbaik dari UNBK yang dilaksanakan, Mengingat Bukittinggi selalu menjadi pilot proyek baiknya pelaksanaan Ujian Nasional selama ini.

“Semula ada kekhawatiran adanya beban psikologis siswa mengingat ini metode baru dalam ujian nasional. Namun ternyata setelah mengikuti simulasi, para siswa terlihat enjoy dalam melaksanakan ujian,” tukasnya.

Kedepan Irwandi melalui Pemko Bukittinggi menargetkan masing-masing SMP dan MTS mampu mengadakan UNBK dengan fasilitas Labor sendiri. Tentu saja perlu kesiapan dan pembenahan secara lebih matang. (Dipra)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top