Pendidikan

SMAN 3 Teladan Bukittinggi Targetkan Peningkatan Siswa Masuk Perguruan Tinggi

HaloBukittinggi : Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA tahun ajaran 2016/2017 telah berakhir Kamis (13/4/2017) kemaren, dan khususnya di SMA Negeri 3 Teladan Bukittinggi, pihak sekolah menargetkan kelulusan seratus persen, serta seluruh siswa mampu melanjutkan ke berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia.

Kepala SMA Negeri 3 Teladan Bukittinggi Amri Jaya mengatakan, UNBK kali ini diikuti 358 siswa yang terbagi dalam tiga jurusan, yakni jurusan IPA 218 orang, jurusan IPS 115 orang, dan jurusan Bahasa sebanyak 25 orang, yang sampai hari terakhir ini seluruhnya mengikuti UNBK, pantauan di setiap lokal berjalan dengan aman, lancar, dan tertib.

“Pihak sekolah menargetkan ke 358 siswa ini mampu melanjutkan ke perguruan tinggi, karena sekolah menginginkan keberhasilan siswa tidak hanya sebatas lulus UNBK semata, namun juga meningkatkan jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri,” ulasnya.

Untuk mendukung hal itu sambung Amri Jaya, saat ini sudah ada 50 persen jatah bagi siswa yang dapat dimanfaatkan, disamping proses penerimaan mahasiswa baru lain yang dapat diikuti siswa.

“Dalam aturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), UNBK bukan lagi menjadi penentu utama kelulusan siswa, akan ditambah dengan nilai Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN), nilai rapor dari semester satu hingga enam, serta rapat penentuan kelulusan dari kepala sekolah dan majelis guru, yang hasilnya nanti juga menjadi tolok ukur masuk ke perguruan tinggi,” jelasnya.

Amri Jaya berharap, serapan jumlah siswa SMA Negeri 3 Teladan Bukittinggi yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, maka dari itu usai UNBK ini, pihak sekolah mengingatkan seluruh siswa untuk tidak lengah, karena masih ada tantangan yang dihadapi untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top