Pendidikan

UNBK 2017, SMAN 1 Unggul Bukittinggi Targetkan Raih Peringkat Satu Tingkat Kota dan Lima Besar Tingkat Provinsi

HaloBukittinggi : Hingga hari ketiga, Rabu (12/4/2017), pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2016/2017, di SMA Negeri 1 Unggul Bukittinggi tidak ada ditemukan kendala yang berarti, seluruh siswa hadir, tidak ada terkendala soal server, jaringan internet, hingga matinya listrik yang patut diwaspadai.

Kepala SMA Negeri 1 Unggul Bukittinggi Mardison, mengatakan, lancarnya pelaksanaan unbk ini tidak terlepas dari peran pihak sekolah bersama majelis guru, yang sebelumnya telah mengadakan belajar tambahan sore, simulasi UNBK secara nasional melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak tiga kali, yang hasilnya telah dievaluasi oleh guru mata pelajaran.

Disamping itu siswa juga mengikuti try out dengan lembaga pendidikan sebanyak tiga kali, sehingga seluruh siswa sudah terlatih bagaimana mengikuti ujian secara online  menggunakan aplikasi lewat komputer.

“Jumlah peserta UNBK kali ini sebanyak 386 orang, terdiri dari siswa jurusan IPA 285 orang, jurusan IPS 101 orang, dibagi kedalam tiga sesi, karena disesuaikan antara jumlah komputer yang ada, dengan jumlah siswa yang mengikuti UNBK,” terangnya.

Teknis pelaksanaan UNBK ujar Mardison, siswa dibagi kedalam empat lokal atau labor komputer, dengan jumlah 32 siswa perlokal, ditambah empat komputer cadangan di setiap lokal. Peserta UNBK diawasi satu orang pengawas yang ditugaskan secara silang, satu orang proktor perlokal yang bertugas mengawasi server, dan satu orang teknisi di sekolah yang bertugas mengawasi kelancaran jaringan internet.

“Mata pelajaran yang diujikan hari ketiga ini Bahasa Inggris, dan hari keempat atau terakhir besok untuk mata pelajaran pilihan, sesuai jurusan masing-masing siswa, dan ditargetkan hingga hari terakhir UNBK berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya.

Mardison menambahkan, apabila dalam UNBK satu hari kedepan ada siswa yang berhalangan hadir dibuktikan dengan surat keterangan dokter, akan mengikuti ujian susulan pada tanggal 18 April 2017 mendatang di sekolah masing-masing, dan diharapkan mencapai target kelulusan 100 persen.

“Pihak sekolah juga menargetkan seluruh siswa SMA 1 Unggul Bukittinggi memperoleh hasil UNBK yang maksimal, yang didukung dengan nilai rata-rata yang tinggi di seluruh jurusan, sehingga target sekolah meraih peringkat satu di Kota Bukittinggi, dan masuk lima besar di tingkat Provinsi Sumatera Barat dapat tercapai,” jelasnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top